sepatu baru
Cara mengatasi dan mencegah kaki lecet karena sepatu baru. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Pada umumnya saat memakai sepatu baru atau berukuran lebih kecil pemakainya akan mengalami lecet di bagian atas tumit, tentunya hal itu akan menimbulkan ketidaknyamanan saat beraktivitas karena akan merasa perih.

Nah, agar lukanya cepat pulih, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan.

Melansir alodokter.com, Senin (7/3/2022) berikut cara mengatasi kaki lecet karena sepatu.

  • Bersihkan area kaki lecet dengan air mengalir lalu keringkan.
  • Oleskan madu, gel lidah buaya, atau petroleum jelly untuk mempercepat penyembuhan serta mencegah peradangan dan infeksi.
  • Jika muncul lepuhan, jangan dipecahkan karena dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi. Namun, kamu bisa mencoba mengompres lepuhan dengan kompres dingin untuk meringankan rasa perih dan terbakar.
  • Sebisa mungkin hindari menggunakan sepatu yang menyebabkan kaki lecet dan pilihlah alas kaki yang lebih lembut dan terbuka sehingga tidak menutupi kaki lecet.
  • Jika beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya balut luka dengan kasa steril agar luka tetap bersih dan terhindar dari infeksi.
BACA JUGA :  Suguhkan Panorama Alam di Kota Bogor, Curug Satu Duit jadi Daya Tarik Wisata Baru

Bila rasa sakitnya tak tertahankan, kamu bisa minum obat pereda nyeri, seperti paracetamol. Pastikan minum obat sesuai dosis yang tertera pada kemasan atau anjuran dokter, ya.

Cegah Kaki Lecet karena Sepatu dengan Cara Ini

Agar kamu bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa menimbulkan lecet di kaki, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Gunakan sepatu dengan ukuran yang pas dan bahan yang nyaman
BACA JUGA :  DPMD Kabupaten Bogor Tingkatkan Kapasitas Penasehat dan Pengawas Bumdes Melalui Bimtek Angkatan 2

sepatu baru

Ukuran sepatu yang tidak pas bisa meningkatkan risiko terjadinya kaki lecet. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih sepatu dengan ukuran yang pas dan bahan yang nyaman.

Saat kamu membeli sepatu baru, kamu juga bisa menggunakan pembentuk sepatu kayu (shoetrees) atau memasukkan plastik sampai penuh agar sepatu bisa lebih renggang. Biarkan sepatu dalam keadaan ini selama 1–2 hari.

======================================
======================================
======================================