4. Ziarah kubur

Menengok makan orang tua atau sanak saudara yang telah tiada menjadi amalan yang bisa dilakukan dalam menyambut bulan suci. Hal ini bahkan dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Hikmah ziarah kubur dianggap mengingatkan umat Muslim akan kematian dan kehidupan di akhirat. Ziarah juga dilakukan untuk mengirimkan doa pada orang-orang yang sudah tiada.

5. Membersihkan diri

Umat Islam juga disunahkan untuk mandi keramas satu hari sebelum memasuki bulan Ramadan. Tujuannya adalah untuk membersihkan diri sebelum memasuki bulan suci.

BACA JUGA :  Penutupan Akses Jalan Oleh Plaza Jambu Dua, Pemkot Sebut Itu Jalan Umum

Selain membersihkan diri, umat Islam juga dianjurkan membersihkan tempat ibadah di rumat, alat salat, maupun tempat ibadah umum seperti musala dan masjid.

6. Memperbanyak doa dan zikir

Ramadan menjadi momen untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Akan lebih baik jika bulan suci ini disambut dengan memperbanyak doa dan zikir.

7. Membayar utang puasa

Puasa di bulan Ramadan berketetapan hukum wajib. Artinya, siapa pun umat Islam yang mampu wajib menjalankan ibadah puasa.

BACA JUGA :  Jelang Pilkada 2024, Pj Wali Kota Bogor Ingatkan Jaga Netralitas ASN

Bagi mereka yang meninggalkan puasa wajib karena alasan-alasan tertentu di bulan puasa sebelumnya, harus membayar utang puasa atau qada di luar bulan Ramadan.

Bagi umat Islam yang merasa masih memiliki utang puasa, bayarlah secepatnya. Umat Islam masih diperbolehkan melakukan puasa qada meski telah melewati Nisfu Syaban.

Demikian amalan menyambut bulan Ramadan yang bisa dilakukan umat Islam. Mari sambut bulan suci dengan diri dan hati yang bersih. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================