Sayangnya, mungkin hanya sedikit orang Jakarta yang masih mengenal tradisi bermain Bleguran sehingga permainan ini berangsur-angsur ditinggalkan.

Hal itu mungkin di akibatkan oleh semakin menyempitnya lahan terbuka di kawasan Jakarta serta budaya masyarakat Jakarta yang semakin bergeser menuju masyarakat modern.

Madiun

Di Madiun Jawa Timur, ada kelompok warga Kota Madiun yang senang untuk ngabuburit dengan kegiatan duduk bersama di pinggir rel kereta api untuk melihat kereta api lewat.

Warga masyarakat yang mempunyai anak turut serta membawa anaknya menyaksikan kereta api lewat. Meskipun mereka ceria saat menyaksikan kereta api lewat, mereka harus tetap menjaga keselamatan diri masing-masing.

BACA JUGA :  Cek Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Senin 22 April 2024

Pasalnya, kereta api yang mereka saksikan bisa saja menjadi malapetaka bila tidak waspada dengan kehadiran kereta api yang bersiap melintasi rel yang di duduki oleh mereka.

Lamongan

Warga Lamongan di Jawa Timur pun mempunyai tradisi ngabuburit yang unik. Ada tradisi Kumbohan sebagai bentuk ngabuburit warga di Lamongan. Kumbohan dilakukan denganadalah berburu ikan mabuk di Sungai Bengawan Solo.

Banyak warga di daerah sepanjang bantaran Sungai Begawan Solo mengumpulkan ikan mabuk yang muncul ke permukaan air di sungai itu.

BACA JUGA :  Seleksi Paskibraka Kota Bogor Dibuka, Pendaftaran Online Jaring 36 Siswa

Ada warga yang mengambil ikan hanya dengan kedua tangan saja tanpa dibantu alat, adapula yang mengambil ikan dengan bantuan jala.

Pada akhirnya, ngabuburit yang dilakukan warga Indonesia dengan beragamnya kebudayaan yang dimiliki bisa menjadi penambah wawasan kita, bahkan bila didalami bisa memberi inspirasi baru untuk membuat aktivitas ngabuburit yang unik hasil ciptaan kita sendiri. (*)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================