puasa
Hindari Langsung Merokok Ketika Berbuka Puasa. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperingatkan bahwa berbuka puasa dengan merokok berdampak bahaya buat kesehatan. Kebiasaan merokok patut dihentikan, begitu pula dengan kebiasaan berbuka dengan merokok. Kenapa?

Berikut bahaya buka puasa dengan merokok.

  1. Tubuh kelelahan, pusing, mual dan muntah

Setelah berpuasa, tubuh perlu suplai energi baru untuk mengganti energi yang hilang seharian. Jika langsung merokok saat berbuka, tubuh rentan mengalami kelelahan, pusing, mual dan muntah.

BACA JUGA :  Nahas, Wanita di Grobogan Ditemukan Tewas Terikat dan Dilakban

Berbuka puasa hendaknya dengan air putih dan sedikit makanan manis misalnya kurma. Hindari merokok, gorengan, makanan yang terlalu asin atau manis. Kemudian berikan tubuh asupan makanan berat saat makan malam.

  1. Fungsi otot dan jantung berkurang

Asap rokok khususnya karbon monoksida akan merampas oksigen dalam darah. Semakin turun kadar oksigen dalam darah, organ-organ tubuh dan otot akan kekurangan suplai oksigen sehingga terjadi penurunan fungsi.

BACA JUGA :  Lantik Tim Koordinasi Daerah Vokasi Kabupaten Bogor Untuk Turunkan Angka Pengangguran dan Ciptakan Masyarakat Berdaya Saing 

Jika merokok jadi kebiasaan, makin tipis kadar oksigen dalam darah dan dalam jangka panjang akan terjadi penyempitan pembuluh darah dan arteri. Ini akan memicu risiko serangan jantung.

  1. Risiko kanker paru

Asap rokok mengandung aneka komponen berbahaya termasuk nikotin. Saat nikotin masuk ke dalam tubuh terutama dalam kondisi perut kosong, ini akan meningkatkan risiko kanker paru.

======================================
======================================
======================================