BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Kementerian Agama (kemenag) menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 2 Mei 2022. Ketetapan itu dikeluarkan berdasarkan hasil sidang isbat.

“Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk serta laporan hilal sudah terlihat. Secara mufakat tadi 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022 Masehi,” ujar Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Minggu (1/5/2022).

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 3 Mei 2024

Menurut, Yaqut keputusan itu diambil setelah mendengarkan paparan dari tim Tim Unifikasi Kalender Hijriah serta laporan rukyat dari seluruh Indonesia. Rukyat sendiri digunakan untuk konfirmasi terhadap hisab dan kriteria yang digunakan.

BACA JUGA :  16 Cabang dari Kota Bogor Jadi Finalis di MTQ ke-58 Tingkat Provinsi

Sidang isbat digelar yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat itu dihadiri pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, ormas Islam, hingga ahli astronomi secara terbatas karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Sejumlah undangan mengikuti sidang isbat secara online. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================