Syawal
Ilustrasi Puasa Syawal.

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTATentukan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat, Minggu (1/5/2022)

Melansir cnnindoensia.com, Minggu (1/5/2022) Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kementerian Agama Adib menyebut penentuan i Syawal tersbebut akan melibatkan ormas Islam dan duta besar negara-negara sahabat.

BACA JUGA :  7 Makanan Sehat Ini Ternyata Akan Bantu Turunkan Gula Darah

“Sidang isbat awal Syawal 1443 H akan digelar secara hybrid atau kombinasi daring dan luring. Secara luring, sidang isbat akan digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jakarta. Peserta yang diikuti secara daring akan kami fasilitasi melalui Zoom,” katanya.

Menurut Adib, pelaksanaan sidang Isbat hari ini akan dimulai dengan penjelasan posisi hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag. Kemudian proses selanjutnya adalah penyampaian informasi hasil pengamatan hilal atau rukyatul hilal yang digelar di 99 titik seluruh Indonesia.

BACA JUGA :  Warga Mengwi Digegerkan dengan Pria Misterius Penuh Luka Bagian Wajah Tergeletak di Jalanan

“Selanjutnya akan ditetapkan awal Syawal 1443 H dengan mempertimbangkan hasil hisab dan hasil rukyat, serta masukan dari peserta sidang,” terang Adib.

============================================================
============================================================
============================================================