BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Momen Idul Fitri atau Lebaran kerap dimanfaatkan para wisatawan untuk mengisi liburan bersama keluarga atau teman dekat. Biasanya, wisatawan lokal maupun luar Bogor masih mengidolakan kawasan Puncak menjadi salah satu tempat untuk melepas penat.

Merangkum dari beberapa sumber, berikut 5 tempat wisata di Bogor Barat, kabupaten Bogor yang tak kalah menarik dari Puncak.

1. Seureuh Hejo

5 tempat wisata

Objek wisata Seureuh Hejo berada di Desa Sadeng, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, tepatnya berada di Kampung Gunung Seureuh.

Terkini, objek wisata Saureuh Hejo yang terus digenjot oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang di ketuai oleh Yudha Prananda guna menjadi objek wisata favorit.

Untuk rute jalan menuju ke lokasi Seureuh Hejo dapat diakses dari Bogor menuju arah Jasinga.

Setiba di Jalan Raya Sadeng, pengunjung bisa mengambil ke arah Jalan Sadeng Joglo menuju Kampung Gunung Seureuh sejauh empat kilometer menuju lokasi wisata.

Meski, akses jalan menuju lokasi agak sedikit terganggu dengan kondisi jalan yang berlubang dan berbatu, namun hal tersebut dapat terbayar dengan keindahan alam yang tersaji.

Di tempat wisata alam Seureuh Hejo anda bisa berswafoto di spot-spot foto yang instagramable. Selain itu, Seureuh Hejo juga menyediakan camping ground atau area perkemahan. Menariknya, camping ground tersebut terletak di antara pohon-pohon pinus disertai udara yang sejuk.

2. Wisata Panorama Wangun Jaya

5 tempat wisata

Secara data geografis letak Panorama Wangun Jaya terletak di kawasan Leuwisadeng, wisata alam Bogor ini perwujudan dari panorama pegunungan, pertanian dan perkebunan sehingga mendorong masyarakat setempat mengembangkan potensi wisata di wilayah Leuwisadeng. Keunggulan utama dari Leuwisadeng yakni panorama alam terbuka.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 16 Juli 2024

Destinasi wisata yang kerap juga disebut dengan Pawaja juga menyediakan berbagai fasilitas seperti spot foto. Pembangunan tempat wisata Panorama Wangun Jaya di dukung dan bekerjasama oleh Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM) Laskar Hijau Bogor.

3. Wisata Alam Panorama Pabangbon

5 tempat wisata

Wisata Pabangbon merupakan desa wisata di Leuwiliang Bogor yang masih baru, dan tentunya kekinian banget bagi kalangan anak muda.

Keberadaan rumah pohon Leuwiliang telah menjadi daya tarik bagi desa ini, dengan dibentuknya tempat wisata Panorama Alam atau biasa disebut sebagai Papa, Panorama Alam Pabangbon.

Keberadaannya tidak akan kalah menarik dengan ranggon hills Bogor, Puncak Mustika Manik, atau Villa Khayangan Bogor.

Untuk rutenya, pengunjung dapat memakai kendaraan angkot dari stasiun Bogor ke Pabangbon? Namun, jika memakai kendaraan umum terbilang sulit sebab harus beberapa kali berganti kendaraan. Lebih mudah naik kendaraan pribadi.

Lokasi Panorama Pabangbon Leuwiliang Bogor sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Bogor dengan lama perjalanan 1.5 sampai 2 jam, tergantung kemacetan jalan.

Sementara ini belum ada hotel atau penginapan di lokasi wisata, namun wisatawan bisa menginap di rumah warga jika memang mau menginap atau bisa sewa camping ground di kawasan wisata ini.

4. Curug Rahong

5 tempat wisata

Curug Rahong merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Rahong, Rumpin, Kabupaten Bogor.

BACA JUGA :  Pemkot Bogor Serahkan SK kepada 3 PPPK Baru

Kawasan wisata alam ini populer karena menyajikan pemandangan air terjun yang unik. Namun, untuk menikmati pemandangan tersebut, wisatawan harus berbekal niat serta stamina yang kuat. Selain jalur trekking-nya yang cukup panjang, jalan menuju air terjun juga penuh dengan berbagai rintangan.

Untuk menuju ke Kecamatan Rumpin wisatwan bisa melalui akses Jalan Raya Bogor-Parung. Sampai di pertigaan Ciseeng (samping perumahan Telaga Kahuripan Parung) belok ke kiri menuju Kecamatan Rumpin. Memasuki Jalan ke Rumpin kondisi jalan sudah menanjak dan tampak pemandangan perbukitan di sepanjang jalan.

Curug Rahong belum dikelola secara resmi dan hanya dijaga oleh warga sekitar. Pengunjung cukup membayar retribusi parkir dan tiket pada warga yang berjaga.

Air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari. Pada hari libur seperti Lebaran, objek wisata ini akan jauh lebih ramai dari hari biasa.

5. Curug Bandung

5 tempat wisata

Curug Bandung adalah air terjun yang sangat indah terletak di Desa Pangradin Kecamatan Jasinga, jarak tempuh dari Kota Jasinga sampai pangkalan ojek kurang lebih menempuh jarak 3 Kilometer dilanjutkan dengan ojek motor dengan jarak tempuh yang sama. Lalu dilanjutkan lagi dengan berjalan kaki dua Kilometer.

Untuk jalur oerjalanan ke Curug Bandung cocok untuk penyuka hiking, traveling dan penggemar motor racing. Suasana yang disuguhkan masih sangat Asri, Curug ini tidak hanya memiliki satu air terjun (curug) tetapi beberapa anak air terjun. (*)

Bagi Halaman
======================================
======================================
======================================