Talas Bogor
Kerap Dijadikan Oleh-oleh, Ternyata lni Khasiat Talas Bogor. Foto : Ilustrasi talas.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Bogor memang terkenal dengan talasnya. Saking terkenalnya, selain dijuluki sebagai Kota Hujan, Bogor juga kini semakin dikenal pula dengan Kota Talas. Berbagai olahan camilan berbahan talas pun banyak ditemukan. Mulai dari lapis talas Bogor yang tersohor itu hingga seupan taleus (talas kukus), yang kini termasuk salah satu makanan ringan khas sunda. Para penggemar camilan manis dan menggugah selera tampaknya wajib mencoba seupan tales khas Bogor.

Seupan Tales alias talas kukus ini merupakan camilan yang memadukan empuknya talas kukus dengan kelapa parut dan gula merah yang membuat rasanya tidak hanya manis dan gurih, tapi juga menciptakan aroma yang membuat siapapun yang menciumnya menjadi tidak sabar untuk segera mencicipinya.

BACA JUGA :  Menu Simple dengan Tumis Pakcoy Wijen yang Sedap Bikin Ketagihan

Camilan Sehat yang Bikin Ketagihan

Singkat cerita, dahulu kala, talas sering kali dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Bahkan, di beberapa daerah di Indonesia, talas masih menjadi makanan pokok. Selain kaya akan karbohidrat, talas juga kaya akan kandungan protein, mineral, serta vitamin C.

Talas juga memiliki kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan kawan-kawan serumpunnya seperti kentang atau singkong. Tak hanya itu, kandungan serat yang tinggi dalam talas juga sangat baik untuk membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh.

BACA JUGA :  Minuman Hangat Cegah Pilek dengan Teh Jahe Mint yang Mudah Dibuat

Nah, saat ini talas sudah banyak dijadikan sebagai bahan utama pembuatan makanan ringan khas Sunda. Salah satu makanan enak di Bogor yang terbuat dari talas adalah seupan tales.

Makanan yang satu ini cocok untuk menemani Anda minum teh di pagi atau sore hari. Karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, seupan tales juga dapat mengenyangkan perut Anda sehingga cocok juga dijadikan sebagai makanan untuk sarapan. Rasa legit dan manis yang berasal dari parutan gula merahnya semakin menambah kenikmatan talas kukus, apalagi jika dipadukan dengan gurihnya parutan kelapa di atasnya. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================