Bagian cekung dari wajan atau kuali diletakkan terbalik menghadap ke tungku yang berisi arang panas sampai adonan mengering. Setelah matang, kerak telor akan ditaburi dengan bawang goreng dan juga serundeng di atasnya.

  1. Soto Betawi

Soto Betawi adalah kuliner Betawi yang sangat terkenal. Tidak berbeda dengan soto lainnya, soto Betawi berisi aneka jeroan sapi. Kuah dari soto ini berasal dari campuran santan dan susu yang ditambahkan berbagai macam bumbu dan rempah lainnya.

  1. Pecak Lele

Lele adalah ikan tawar yang bisa diolah menjadi banyak jenis masakan, salah satunya pecak lele. Makanan khas Betawi ini menjadi favorit banyak orang.

Pecak lele tidak sama dengan hidangan pecel lele yang biasa ditemui di kedai-kedai makanan. Pecak lele Betawi sangat unik karena terdapat tambahan santan, saus, kacang, air dari asam jawa yang membuat rasanya semakin nikmat.

  1. Asinan Betawi
BACA JUGA :  Karate Internasional di Bangkok, Naufal Putra Diandra Sabet Medali Emas Ajang SeakF Asia ke-11

Berbeda dengan asinan Bogor, asinan Betawi menggunakan beragam sayuran seperti kubis, sawi, tauge, dan yang lainnya. Setelah semua bahan disatukan, kemudian disiram dengan garam dan cuka sehingga rasanya asin dan asam. Asinan Betawi juga disajikan dengan siraman kuah gula merah dan kerupuk mie warna kuning.

  1. Sayur Babanci

Sayur babanci adalah makanan khas Betawi yang tidak dijumpai di daerah lainnya. Walaupun namanya sayur, sebenarnya dalam makanan ini tidak ada sayuran sama sekali. Di dalam sayur babanci hanya ada ketupat dan potongan daging sapi yang dimasak dengan rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, dan lainnya.

  1. Sayur Besan

Sayur besan adalah masakan khas Betawi yang biasanya disajikan saat acara pernikahan. Hidangan ini merupakan simbol penghormatan kepada keluarga baru.

BACA JUGA :  Tukang Kasur Keliling di Sampang Cabuli Bocah 6 Tahun hingga Trauma

Sayur besan dibuat dengan bahan khusus yang bernama tebu telur dan dilengkapi bahan lain seperti ebi, petai, dan kentang. Namun, hidangan ini sudah jarang dijumpai, salah satu penyebabnya karena bahan untuk membuat sayur besan ini tidak mudah ditemukan.

  1. Soto Tangkar

Selain soto Betawi, Jakarta juga memiliki jenis soto lainnya yang tak kalah enak, yakni soto tangkar. Tangkar adalah bahasa Betawi yang memiliki arti iga sapi.

Dari nama tersebut, sudah jelas bahwa makanan ini berbahan utama iga sapi yang diolah dengan rempah seperti kunyit, daun serai, daun salam, dan santan sehingga cita rasanya gurih dan aromanya nikmat. (net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================