BOGOR-TODAY.COM, BOGORPiala Dunia sepak bola yang digelar FIFA pertama kali diadakan pada tahun 1930 di Uruguay saat Presiden FIFA saat itu Jules Rimet mengambil keputusan untuk melaksanakan turnamen sepak bola internasional.

Melansir, mediaindonesia.com, Kamis (23/6/2022) Piala Dunia pertama diikuti hanya 13 tim nasional dengan Uruguay keluar sebagai juara dunia pertama. Peserta Piala Dunia kemudian terus bertambah hingga menjadi 32 tim nasional sejak Piala Dunia 1998 Prancis.

Piala dunia

 

Sebelum ada Piala Dunia, pertandingan sepak bola berskala internasional yang pertama kali diselenggarakan yaitu di Glasgow lebih tepatnya antara Skotlandia dan Inggris pada 1872. Sementara FIFA baru berdiri pada 22 Mei 1904, menyusul mulai naiknya pamor sepak bola di dunia sejak 1900.

BACA JUGA :  Resep Membuat Sambal Teri Cabe Hijau, Sederhana Tapi Bikin Ketagihan

Sejak Piala Dunia bergulir, Brasil saat ini menjadi pemegang juara dunia terbanyak dengan 5 kali menjadi kampiun, disusul Jerman dan Italia yang tercatat 4 kali menjadi kampiun.

Piala dunia

Dari 21 kali diselenggarakan, belum pernah ada negara dari Asia dan Afrika yang memenangkan turnamen prestisius empat tahunan tersebut. Qatar yang menjadi tuan rumah di edisi 2022 merupakan negara Asia ketiga yang menjadi tuan rumah Piala Dunia, setelah Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama pada 2002. Piala Dunia di Qatar juga unik karena untuk pertama kalinya digelar di musim dingin, bukan medio Juni-Juli seperti edisi-edisi sebelumnya.

BACA JUGA :  Kemenangan Timnas Indonesia jadi Modal Penentu Kontra Jordania

Dengan format unik tersebut, bisakah sejarah baru tercipta di Piala Dunia ? yang jelas Qatar merupakan perhelatan Piala Dunia terakhir yang diikuti 32 tim nasional, karena FIFA telah menetapkan Piala Dunia 2026 akan diikuti 48 tim. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================