DPK
40 Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI Kabupaten Bogor dilantik serentak di Auditorium Setda Cibinong, Selasa (5/7/2022). Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Sebagai rangkaian menuju Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) serta dalam menghadapi Musda 2022, DPD KNPI Kabupaten Bogor menggelar pelantikan serentak bagi 40 Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI se-Kabupaten Bogor di Auditorium Setda Cibinong, Selasa (5/7/2022).

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Bogor, Fikri Ikhsani menyebut bahwa pelantikan tersebut merupakan rangkaian menuju Musda KNPI Kabupaten Bogor yang diawali dengan verifikasi DPK dan OKP yang nantinya akan dilanjutkan dengan pelaksanakan Rapimda.

“Substansinya yaitu menetapkan peserta sekaligus waktu untuk pelaksanaan Musda itu sendiri. Rencananya, Rapimda itu akan dilaksanakan usai perayaan Idul Adha 1443 Hijriah,” kata Fikri kepada wartawan.

Menurut Fikri, pada pelantikan kali ini merupakan sejarah bagi DPD KNPI karena dilaksanakan serentak yang belum peranah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Pelantikan 40 DPK KNPI se-Kabupaten Bogor hari ini merupakan sejarah di organisasi kepemudaan seperti KNPI bisa melakukan pelantikan secara serentak, ini sebagai suatu momentum yang baik karena pemuda saat ini merupakan pemimpin untuk masa depan,” ujar Fikri.

Dengan demikian, dirinya berharap KNPI yang merupakan wadah berhimpun atau kawah Candradimuka kepemudaan, harus adanya jalinan sinergitas dan kolaborasi dengan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan pembangunan dan indeks kepemudaan semakin meningkat.

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Minibus di Jalan Pantura Demak, Pengemudi Tewas

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Jawa Barat, Ridwansyah Yusuf mengapresiasi pelaksanaan pelantikan yang dilakukan secara serentak tersebut. Sehingga, terlihat adanya kekompakan dan perubahan yang dinilai menjadi cikal bakal pemimpin masa depan bagi Kabupaten Bogor.

“Ini adalah agenda yang sangat luar biasa dan baru terjadi pelantikan DPK KNPI dihadiri langsung oleh Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan. Terlebih hari ini yang dilantik adalah pimpinan dari setiap wilayah Kecamatan. Yang harus dimiliki seorang pemimpin yaitu Sense of Crisis dan bisa bersentuhan langsung dengan masalah-masalah yang ada di masyarakat,” imbuh Ridwansyah.

Kata Ridwansyah, tolak ukur bukan ada di KNPI Jawa Barat atau KNPI Kabupaten, akan tetapi justru ketika DPK nya aktif dan maju dalam berbuat kebaikan untuk masyarakat.

Ditempat yang sama, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan bahwa pelaksanaan pelantikan DPK KNPI serentak tersebut dapat dimanfaatkan sebagai ajang perkenalan diri untuk semua pemuda di Kabupaten Bogor pasca menjabat Plt Bupati yang ditunjuk langsung oleh Gubernur per tanggal 26 Juni 2022 yang lalu.

BACA JUGA :  Sekda Syarifah Tinjau Penanganan Longsor dan Kebakaran di Kota Bogor

“Banyak yang menyarankan kepada saya, kenapa nanti saja ketika pelantikan pengurus DPD KNPI yang baru untuk hadirnya, justru disinilah momentum yang baik untuk bisa memperkenalkan diri kepada pemuda, dan ini merupakan tongkat sejarah kepemimpinan dan harus disosialisasikan dengan keberadaannya saat ini,” tegas Iwan.

Dirinya mengakui, dengan kegiatan sebagai Plt Bupati harus adanya dukungan dari semua elemen, termasuk pemuda. Sebab, dengan ruang lingkup wilayah yang sangat luas, dirinya tentu membutuhkan bantuan dari semuanya.

“Dengan wilayah yang luas dan kegiatan yang ekstra tentu membutuhkan dukungan dari semuanya. Kami pun tak segan-segan siap bantu bagi pemuda KNPI Kabupaten Bogor,” ucap Iwan.

Sebagai informasi, dalam pelaksanaan pelantikan serentak itu juga dihadiri Ketua DPD KNPI Jabar, Wakapolres Bogor, pimpinan OKP dan ratusan anggota KNPI Kecamatan. (B. Supriyadi)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================