BOGOR-TODAY.COM – Selain Peringatan Hari Anak Nasional, Tanggal 22 Juli juga di peringatan Hari Otak Sedunia atau World Brain Day. Peringatan ini dicetuskan oleh Federasi Neurologi Dunia (WFN) untuk meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan menyangkut otak.

Hari Otak Sedunia menjadi peringatan tahunan yang amat penting. Lantaran, di zaman modern seperti sekarang ini, semakin banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan neurologi atau sistem saraf, terutama pada organ otak.

Baca Juga :  PUASA RAMADAN SAATNYA KITA SEMUA UNTUK TOBAT NASIONAL

Sejarah Hari Otak Sedunia

Sejarah Hari Otak Sedunia Dilansir dari laman resmi WFN, penetapan 22 Juli sebagai Hari Otak Sedunia berkenaan dengan hari berdirinya federasi ini pada 1957 di Brussel, Belgia.

Meski demikian, Hari Otak Sedunia baru ditetapkan pada Februari 2014, atas usulan yang diajukan sejak 22 September 2013. Penetapan tersebut berkaca dari peringatan hari lain seperti Hari Epilepsi, Hari Rabies, dan Hari Stroke Sedunia.

Baca Juga :  Kabupaten Bogor Juara 3 Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Tingkat Nasional

Pasalnya, hari-hari tersebut terbukti membantu meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh dunia, termasuk negara-negara berkembang di Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

Adapun tujuan peringatan Hari Otak Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus menjadi media edukasi terkait kesehatan otak.