Baim Wong
Paula dan Bonge. Foto : Instagram/@paula_verhoeven.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORBaim Wong dan sang istri Paula Verhoeven melalui PT Tiger Wong Entertainment mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai merek ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Itu dilakukan dalam upaya kepentingan layanan hiburan di bidang peragaan busana hingga pemberitaan di bidang fashion.

Namun, pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang dilakukan Baim Wong mendapat sindiran dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Melalui akun Instagram pribadinya @ridwankamil, Senin (25/7/2022) kang Emil sapaan akrabnya menyarankan Baim Wong agar membatalkan upaya mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai hak kekayaan intelektual di Kemenkumham.

“Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja,” tulis Emil seperti dilihat bogor-today.com

Ia juga mengingatkan tidak semua urusan yang ada di dunia harus selalu dilihat dari sisi komersial. Emil menganggap fenomena itu muncul secara spontan dan natural dari ide anak-anak muda.

“Apabila didaftarkan menjadi HAKI,  justru akan hilang maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut. Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture,” tegas Emil.

Emil menganggap bahwa anak-anak muda hanya butuh ruang ekspresi. Oleh karena itu, tidak perlu negara terlalu ikut campur lewat formalitas hak-hak atas kekayaan intelektual.

“Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda,” tambahnya.

Sementara melansir cnnindonesia.com, Baim Wong menyebut upayanya mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Ditjen HAKI Kemenkumham bukan untuk kepentingan pribadi.

Baim beralasan, hal iti perlu dilakukan karena ia memiliki visi untuk menjadikan CFW sebagai wadah yang legal dan tidak musiman, hingga memajukan ranah fesyen Indonesia kepada mata dunia.

“Semua itu saya lakukan bukan untuk kepentingan pribadi. Tujuan besarnya lebih untuk kalian, lebih untuk Indonesia, saya peduli dengan negara saya, sebisa mungkin saya melakukan yang menurut saya bisa saya lakukan,” kata Baim. (*)

Bagi Halaman
BACA JUGA :  Pemkab Bogor dan Pemprov Jabar Sinergi Percepat Tangani Rumah Warga Terdampak Ledakan Gudang Amunisi 
============================================================
============================================================
============================================================