315/Garuda
Batalyon Infanteri 315/Garuda sebagai satuan tempur yang berada dibawah Korem 061/Surya Kencana akan meningkatkan status menjadi Yonif Mekanis 315/Grd. Foto : Aditya/bogor-today.com

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Batalyon Infanteri 315/Garuda sebagai satuan tempur yang berada dibawah Korem 061/Surya Kencana akan meningkatkan status menjadi Yonif Mekanis 315/Grd.

Peningkatan status itu akan menjadikan pasukan infanteri yang termekanisasi dibekali dengan pengangkut personel lapis baja (APC) atau kendaraan tempur infanteri (IFV) sebagai kendaraan pengangkut personil untuk tempur.

Danyonif 315/Grd Mayor Inf Kunto Wibisono mengatakan, untuk jenis kendaraan tempur (ranpur) yang akan diterima adalah jenis Anoa dan Komodo. Informasi dari komando atas pada tahap pertama sekitar 13 unit untuk pemenuhan kurang lebih satu kompi.

BACA JUGA :  Sowan ke DPD Golkar Kota Bogor, PAN Jalin Koalisi di Pilwalkot 2024

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pimpinan TNI AD, otomatis kita upgrade dari satuan batalyon biasa kita upgrade menjadi satuan batalyon mekanis. Tentunya kemampuan harus lebih satu tingkat di atas batalyon biasa,” kata Danyonif 315/Grd, Mayor Inf Kunto kepada wartawan saat di temui di Markas Komando (Mako) Yonif 315/Grd berada di Jalan Mayjen Ishak Djuarsa, Gunung Batu, Kota Bogor, Rabu (3/8/2022).

Dia menambahkan, sebagai proses persiapan peningkatan status, sejumlah prajurit Yonif 315/Grd saat ini tengah meningkatkan kemampuan dengan mengikuti pelatihan secara teknis Ranpur.

BACA JUGA :  Dua Remaja di Lebak Duel Sengit Gunakan Senjata Tajam di Tengah Jalan Raya

“Saat ini sudah beberapa personel yang merasakan pelatihan karena ini kan Kendaraan Tempur (Ranpur) butuh spesifikasi yang khusus spesialisasi yang khusus,” katanya.

Selain saat ini tengah berproses peningkatan kemampuan prajurit, sarana prasarana termasuk Alutsista. Untuk perubahan status Yonif 315/Grd menjadi Yonif Mekanis 315/Grd sedang menunggu Skep KASAD.

“Untuk ranpur kemungkinan akhir tahun, dan untuk validasi orgas-nya kami menunggu surat keputusan dari bapak KASAD,” pungkasnya. (Aditya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================