Rumah Pengolahan Sampah Citra
Rumah pengolahan sampah citra lahir atas dasar pikiran stakeholder yang mengharapkan daerahnya bersih, lingkungan sehat dan bebas dari sampah. Foto : Fadilah/bogor-today.com

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Sampah plastik merupakan barang yang sulit terurai. Untuk menyelesaikan keresahan itu, Rumah Pengolahan Sampah Citra (RPSC) di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor menjadi tempat pengolahan sampah plastik.

Owner RPSC Lukman Nurdiansyah menjelaskan Rumah pengolahan sampah citra lahir atas dasar pikiran stakeholder yang mengharapkan daerahnya bersih, lingkungan sehat dan bebas dari sampah.

Rumah Pengolahan Sampah Citra

“Datangnya para peserta atau kunjungan di RPSC ini nantinya bisa di adopsi di daerah masing masing ketika mereka ikut pelatihan ekowisata disini,” ujar Lukman kepada bogor-today.com, Sabtu (13/08/2022).

Baca Juga :  Resep Membuat Sambal Goreng Udang, Enak dan Nikmat

Para pengunjung atau peserta ketika berkunjung ke RPSC nantinya akan diajarkan cara memilah milih sampah, penjelasan jenis sampah, pengolahan hingga sampah menjadi barang yang berharga.

“Biasanya yang datang kesini rata-rata curhat karena bingung lingkungannya tercemar. Mereka mencari solusi untuk memecahkan masalah, kami sajikan pelatihan pengolahan sampah,”tambahnya.

Sampah- sampah yang ada di rumah pengolahan sampah citra ini berasal dari beberapa kabupaten diantaranya, Bogor, Cianjur, Sukabumi dan lainya.

“Sampah itu ketika dibiarkan menjadi masalah, tapi jika kita sentuh atau retouch menjadi berkah jadi multi effect,” ucapnya.

Baca Juga :  GELAR RESES, DPRD KOTA BOGOR SERAP ASPIRASI WARGA PASCA KENAIKAN BBM

Untuk pengolahan sampah Di RPSC pun dibagi dua jenis untuk daur ulang  yakni sampah organik menjadi pupuk kompos dan sampah recycle menjadi cacahan plastik.

Tak tanggung tanggung sampah di RPSC bisa di produksi setiap hari nya dengan skala besar mencapai 1,5 ton atau bisa dihitung per bulannya hingga 30 ton sampah.

“Dikirim ke pabrik pencetak biji plastik , nanti dikirim lagi ke produsen barang untuk dijadikan material kendaraan  atau produk rumah tangga dan sebagainya.”pungkasnya (Fadilah)