Inilah Obat Alami Kelenjar Getah Bening yang Perlu Diketahui

BOGOR-TODAY.COM – Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi melawan infeksi akibat bakteri, virus, kuman, dan parasit. Jika terjadi infeksi, kelenjar akan membengkak untuk memberikan tanda. Setelah infeksi mereda, kelenjar akan mengempis dengan sendirinya dan kembali ke ukuran semula.

Biasanya, ketika tubuh terserang virus dan lainnya, kelenjar getah bening akan membesar atau membengkak.

kamu perlu mengetahui gejala kelenjar getah bening agar bisa cepat mengatasinya.

Gejala Kelenjar Getah Bening

Gejala pembengkakan kelenjar getah bening biasanya ditandai dengan muncul benjolan sebesar kacang polong atau buah ceri di leher, ketiak, atau bagian-bagian tubuh lain yang memiliki kelenjar tersebut.

Selain muncul benjolan, biasanya benjolan tersebut akan terasa nyeri ketika disentuh. Terkadang, bisa menimbulkan sakit jika disentuh dengan gerakan tertentu.

BACA JUGA :  Halmahera Barat Maluku Utara Diguncang Gempa Bumi M 3,3

Gejala lain, saat benjolan kelenjar getah bening muncul di bawah rahang atau leher, maka kepala akan nyeri ketika digerakkan dan mengunyah makanan.

Saat bengkak, sebagian orang menganggap bahwa kelenjar getah bening harus dioperasi. Nyatanya, ada cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi.

Obat Alami Kelenjar Getah Bening

Selain kompres dan istirahat, beberapa sumber lain menyebut cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi bisa dengan mengonsumsi bahan-bahan berikut ini.

  1. Bawang putih

Bawang putih

Bawang putih yang mengandung anti-inflamasi dan anti-mikroba juga dipercaya bisa meredakan pembengkakan kelenjar getah bening.

Caranya, konsumsi lebih banyak bawang putih pada masakan Anda sehari-hari atau mengoleskan bawang putih yang sudah ditumbuk ke area yang bengkak.

  1. Cuka apel

Cuka apel

Campuran cuka apel dan air hangat juga disebut bisa mengatasi infeksi di tubuh. Caranya, dengan mengompreskan campuran cuka apel dan air hangat ke daerah pembengkakan kelenjar getah bening.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Jumat 26 April 2024

Cara lain, dengan mencampurkan cuka apel, madu, dan air matang. Lalu, minum dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur.

  1. Vitamin C

vitamin-c

Vitamin C dipercaya bisa meredakan pembengkakan kelenjar getah bening karena membantu sistem kekebalan tubuh cepat pulih. Dengan begitu, bisa melawan infeksi virus dan bakteri.

Saat virus dan bakteri hilang, maka pembengkakan kelenjar getah bening pun mengempis dan sembuh.

  1. Madu

madu

Madu dipercaya bisa mengatasi infeksi karena turut meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya, campurkan madu ke air hangat, lalu minum. Bisa juga dengan mencampurkan madu dengan jus lemon yang kaya vitamin C.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================