Ternyata Ini Kebiasaan Baik yang Bagus Untuk Jaga Kesehatan Mata

BOGOR-TODAY.COM Mata punya peran penting dalam kesehatan. Banyak langkah yang bisa dilakukan untuk memastikan kedua mata terlindungi dan sesehat mungkin.

Apa saja kebiasaan yang dapat memperbaiki penglihatan pada mata?

Faktanya, banyak masalah penglihatan dapat dicegah maupun diobati dengan mengikuti beberapa kebiasaan sederhana dan sehat.

Berikut kebiasaan baik untuk memperbaiki penglihatan Anda.

  1. Jaga kebersihan mata dengan baik

Penting untuk menghapus semua sisa riasan mata sebelum tidur untuk mencegah iritasi di pagi hari. Riasan dapat menyumbat kelenjar minyak, dan ketika tersumbat, mereka tidak dapat menghasilkan minyak.

Selain itu, jangan biarkan riasan bertahan terlalu lama. Pengawet dapat memecah, memungkinkan bakteri tumbuh yang dapat menyebabkan iritasi atau, lebih buruk lagi, infeksi yang buruk.

  1. Sering cek kesehatan mata

Manfaat janji temu dengan dokter mata lebih dari sekadar menjaga mata tetap berfungsi dengan baik. Pemeriksaan yang dekat pada lensa, retina, dan saraf optik dapat mengungkapkan sejumlah gangguan sistemik seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

  1. Olahraga teratur
BACA JUGA :  Turunkan Kolesterol dan Gula Darah Tinggi dengan Rebusan Daun Salam, Ini Dia Caranya

Olahraga diyakini dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi, yang semuanya dapat menyebabkan katarak.

  1. Pakai kacamata hitam dengan UV protection

Ketika menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, pertimbangkan menggunakan kacamata hitam yang melindungi dari sinar UV yang dapat menyelinap masuk di sekitar sisi kacamata. Sinar tak terlihat itu meningkatkan peluang seseorang terkena katarak atau kekeruhan pada lensa mata yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia.

  1. Tidur cukup

Tidur kurang dari lima jam setiap malam dapat menyebabkan Anda mengalami efek samping mulai dari sensitivitas cahaya dan penglihatan kabur hingga mata kering dan kedutan yang tidak disengaja, dikenal sebagai myokymia, yang terjadi ketika otot-otot di sekitar mata tidak cukup istirahat.

  1. Terapkan pola makan sehat

Wortel memang disebut sebagai sayur yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Namun faktanya, setiap sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung atau sawi merupakan pembangkit tenaga pelindung penglihatan.

  1. Istirahatkan mata sesekali
BACA JUGA :  Dijamin Tidur Nyenyak dengan 6 Kebiasaan Malam Hari Ini

Ketika menatap layar komputer atau melakukan tugas lain yang membutuhkan konsentrasi visual, sering-seringlah beristirahat untuk mengistirahatkan mata. Terapkan aturan 20-20-20: Jauhkan pandangan dari layar setiap 20 menit, fokus pada sesuatu yang berjarak 20 kaki setidaknya selama 20 detik.

  1. Berhenti merokok

Rokok mengandung sangat banyak racun yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan mencegah aliran darah yang tepat untuk mencapai mata. Asap yang mengiritasi dari rokok juga dapat merusak lapisan air mata dan meningkatkan risiko mata kering.

  1. Jaga mata tetap lembab

Cukup minum lebih banyak air juga dapat menjaga mata lebih terlumasi. Disarankan juga untuk mengoleskan kompres hangat pada mata yang tertutup selama 10 menit untuk melembutkan dan membuka sumbatan kelenjar minyak di sepanjang kelopak mata.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================