Perawatan saluran akar gigi biasanya memerlukan sekitar tiga kali kunjungan, bergantung tingkat keparahannya.

  1. Tambal gigi

Tambal atau restorasi gigi adalah bentuk perawatan yang dilakukan jika kondisi gigi telah mengalami pembusukan tahap awal.

Pada proses ini, dokter akan menghilangkan bagian gigi yang rusak dengan alat bor. Kemudian, gigi akan diisi oleh bahan tambalan berbahan khusus seperti komposit resin, GIC, porselen, atau amalgam.

Dengan begitu, lubang akan kembali tertutup dan gigi dapat berfungsi normal kembali.

  1. Crown

Pemasangan crown atau mahkota dilakukan jika bolong dan pembusukan pada gigi telah meluas. Dental crown adalah pemasangan mahkota gigi palsu di atas gigi yang berlubang.

BACA JUGA :  HARI KEBANGKITAN NASIONAL PERLU PELURUSAN SEJARAH?

Pemasangan crown ini bertujuan untuk memperbaiki tampilan gigi sekaligus melindunginya dari risiko kerusakan yang lebih parah.

Sama seperti perawatan saluran akar, pemasangan crown membutuhkan beberapa kali kunjungan. Dokter mulanya akan membuang bagian gigi yang rusak dan mempertahankan sebagian gigi, kemudian crown yang telah dicetak dipasang di atas gigi.

  1. Cabut gigi

Cabut gigi adalah pilihan terakhir apabila kondisi gigi berlubang telah mengalami kerusakan yang parah dan tidak dapat direstorasi.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Sabtu 18 Mei 20249

Pencabutan gigi ini tentu akan menimbulkan celah dan memungkinkan gigi yang lain bergeser. Jika memungkinkan, Anda bisa mempertimbangkan pemasangan implan atau gigi palsu untuk mengganti gigi yang hilang.

Demikian cara mengatasi gigi berlubang. Agar terhindar dari sakit gigi maupun gigi berlubang, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan gigi.

Selain itu, lakukan pemeriksaan gigi secara teratur meski tidak mengeluhkan masalah apa pun. Rutin periksa ke dokter gigi setidaknya setiap satu hingga dua tahun sekali.

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================