Manfaat Telur Rebus untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui, Simak Ini!

BOGOR-TODAY.COM – Manfaat telur rebus untuk ibu hamil ternyata cukup banyak. Secara umum, telur adalah makanan yang aman dikonsumsi saat hamil. Sebab, telur adalah sumber protein hewani yang kaya akan vitamin, mineral, dan lemak baik.

Selama hamil, bunda hanya boleh mengonsumsi telur rebus atau yang sudah sangat matang. Konsumsi telur mentah sangat tidak dianjurkan karena berisiko menyebabkan masalah kesehatan selama hamil.

Nutrisi telur rebus

Telur rebus yang dimasak matang tetap memiliki kandungan nutrisi. Sumber protein hewani ini mengandung vitamin A, B6, D, E, dan K.

Dalam satu telur rebus mengandung sekitar 78 kalori dan 6 gram protein. Selain itu, telur juga mengandung kalsium dan zat besi yang baik untuk ibu hamil. Kuning telur yang sudah matang merupakan sumber kolin, yakni zat yang dibutuhkan untuk perkembangan otak.

Berikut manfaat telur rebus untuk ibu hamil, simak baik-baik.

  1. Menjaga kesehatan organ tubuh

Kandungan vitamin A dalam telur rebus memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menjaga kesehatan organ di tubuh.

Vitamin A bisa menunjang perkembangan janin, seperti pada mata, paru-paru, ginjal, atau organ lainnya. Selain itu, kandungan vitamin D di telur rebus juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

BACA JUGA :  Cara Membuat Sambal Kacang Gorengan yang Pedas dan Gurih

Protein dalam telur rebus akan bekerjasama dengan vitamin D untuk mendorong perkembangan prenatal. Elemen-elemen ini mendukung pertumbuhan gigi dan tulang selama kehamilan.

  1. Menjaga sistem imun tubuh

Selama hamil, Bunda perlu menjaga kondisi tubuh agar tidak gampang terpapar virus atau bakteri. Selain menjaga kebersihan, Bunda bisa konsumsi telur rebus karena mengandung vitamin D.

Vitamin D dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem imunitas. Selain itu, vitamin ini juga diperlukan untuk perkembangan janin dan membuat tulang kuat.

  1. Perkembangan otak janin

Telur mengandung kolin, yakni senyawa yang bermanfaat untuk perkembangan otak. Kolin juga bermanfaat untuk mencegah janin terkena spina bifida dan anensefali.

Selain kolin, telur rebus kaya akan omega 3, Bunda. Seperti kita tahu, omega 3 juga berperan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi otak.

  1. Perkembangan janin secara keseluruhan

Protein dalam telur rebus adalah bahan penyusun sel-sel tubuh janin yang dibutuhkan untuk berkembang dengan baik. Jadi, penting bagi Bunda makan telur rebus yang matang selama hamil.

Dilansir Motherly, seorang ibu hamil harus mendapatkan 40 sampai 70 gram protein, dan dalam satu butir telur mengandung sekitar 7 gram protein ini. Jadi, makan 2 telur rebus sehari adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan protein.

  1. Menstabilkan kadar gula darah
BACA JUGA :  Berbagi Kebahagiaan, JJB Bagikan Takjil Gratis Ke Pengendara

Telur termasuk makanan rendah kalori dan karbohidrat. Sebagai bahan makanan, telur sangat cocok dikonsumsi ibu hamil yang didiagnosis mengalami diabetes gestasional nih.

Kandungan protein di telur juga bisa menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Telur rebus termasuk jenis makanan yang rendah indeks glikemik-nya.

  1. Mencegah anemia

Anemia adalah musuh besar ibu hamil. Satu-satunya cara mencegah anemia adalah mencukupi kebutuhan zat besi, Bunda.

Nah, makan telur rebus bisa menjadi alternatif pemenuhan zat besi selama hamil. Telur adalah sumber protein yang juga mengandung tinggi zat besi.

  1. Menstabilkan kadar kolesterol

Konsumsi telur rebus dalam porsi yang tepat bisa menstabilkan kadar kolesterol. Asalkan, Bunda menghindari makan kuning telur karena tinggi kolesterol.

Dalam satu telur biasanya mengandung sekitar 185 mg kolesterol. Sementara tubuh membutuhkan asupan kolesterol setidaknya sekitar 300 mg per hari.

Konsumsi telur juga tidak disarankan setiap hari bagi Bunda yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Kebanyakan dokter merekomendasikan ibu hamil hanya makan putih telur bila kadar kolesterolnya tinggi. Namun, bisa makan telur rebus utuh bila kolesterol rendah.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================