Dana Samisade Berpotensi Jadi Silpa

samisade
Kepala Bagian Anggaran BPKAD Achmad Wildan

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR- Program Satu Miliar Satu Desa nampaknya kurang diminati oleh sebagian kepala Desa, pasalnya hingga saat ini baru 119 Desa dari sebanyak 416 Desa yang sudah mengajukan pencairan anggaran samisade.

Masih banyak Desa yang belum memberikan pengajuan anggaran samisade berdampak pada sisa anggaran sebanyak Rp327 miliar dari total anggaran Rp395 miliar yang disiapkan pemerintah kabupaten Bogor untuk program Samisade tersebut.

” Program pengajuan samisade Ini kan tetap berjalan, Jika sudah selesai SPJ laporannya akan segera dicairkan, tidak harus menunggu desa yang belum mengajukan,”kata Kepala Bagian Anggaran pada Badan Pengelola Keuangan Anggaran Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Achmad Wildan kepada media, Selasa (11/10/2022).

BACA JUGA :  Ucapan Akhir Kepemimpinan Bima Arya dan Dedie Rachim: Hatur Nuhun Sadayana, Abdi Pamit

Dari sisa anggaran sebanyak Rp327 miliar dikawatirkan berdampak pada Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun (Silpa).

“Feeling saya pasti ada silva, kita berharap desa juga cepat memproses pengajuan pencairan kepada DPMD,” tambahnya.

Beberapa faktor yang menyebabkan Desa enggan untuk mengajukan permohonan pencairan diantara, adanya peraturan Perbup dan masuk dalam musim penghujan.

BACA JUGA :  Resep Membuat Rendang Jengkol yang Gurih Renyah dan Mantap

“Itu terkait di laporan, banyak administrasi nya yang belum memenuhi. Laporan tahun 2021 mereka belum selesai dalam artian sekitar 50%. Kemarin 119 desa yang sudah clear sekarang dalam proses bikin SP2D,”lanjutnya.

Namun, dari 119 Desa yang sudah mengajukan dipastikan dalam waktu dekat ini akan dilakukan proses pencairan anggaran samisade.

“Pasti dicairkan mungkin dua minggu kedepan, tanpa harus menunggu desa lainnya,”pungkasnya. (Fadilah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================