Antisipasi Bencana Saat Cuaca Ekstrem, Ini Imbauan BPBD Kota Bogor

Ilustrasi: Kawasan Kota Bogor saat diselimuti awan gelap dan intensitas hujan tinggi. (Foto : Bogor-today.com /Aditya)

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Mewaspadai dampak tingginya intensitas hujan disertai angin dan petir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor mengantisipasi kepada masyarakat untuk lebih waspada terutama di wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami rawan bencana.

Kepala BPBD Kota Bogor, Theofilo Patrocinio mengimbau kepada masyarakat disaat hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi lebih dari satu jam lebih untuk mengamati keadaan situasi disekitar dalam hal mengurangi resiko dari bencana.

“Tidak hanya berdiam di rumah. Jadi kita harus mengenali lokasi tempat kita tinggal apa saja potensi bencana sekitar kita, atau misalnya rumah kita di bantaran kali atau di posisi yang kontur tanah ketinggian berati rawan longsor,” ungkap Theo saat dikonfirmasi, Selasa (11/10/2022).

BACA JUGA :  Ini Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Minggu 21 April 2024

Terkait dengan permasalahan banjir, kata Theo, jika terjadi hujan lebih dari satu jam posisi kita dekat bantaran kali ada kemungkinan kerendam itu harus diwaspadai dan diantisipasi dengan melakukan pengamatan untuk mengamankan barang yang rawan terhadap bahaya sehingga bisa mengurangi kerugian.

BACA JUGA :  Mahkota Binokasih dan Artefak Perjalanan Islam Dipamerkan di Perpustakaan Kota Bogor

Dia melanjutkan, pertama terkait dengan angin untuk masyarakat yang melakukan perjalanan hindari jam rawan mulai siang ke sore biasanya hujan disertai angin.

“Nah itu posisi bogor semuanya hampir rawan pohon tumbang. Kalau bisa berteduh cari posisi yang aman, kalau bisa tidak melakukan perjalanan,” ujar Theo.

============================================================
============================================================
============================================================