Biasakan anak untuk meminum air sebanyak 5 gelas untuk usia 1-3 tahun dan 6-7 gelas untuk anak usia 4-8 tahun.

  1. Sering konsumsi makanan olahan

Makanan olahan sarat dengan natrium dan fosfor. Penderita penyakit ginjal harus menahan diri dari kebiasaan konsumsi makanan kemasan karena dapat merusak ginjal dan juga tulang.

  1. Terlalu banyak makan gula

Kadar gula darah di atas 180 mg/dl menyebabkan ginjal mengeluarkan gula dalam urine. Artinya, pada kondisi diabetes, kelebihan gula dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Jadi, orang tua disarankan untuk terlalu banyak memberikan makanan dan minuman manis pada anak agar ginjal tetap sehat.

  1. Sering makan yang asin-asin

Sering menggunakan garam secara berlebihan dalam makanan dapat menimbulkan ancaman bagi ginjal. Mengonsumsi terlalu banyak makanan asin tak hanya menghasilkan beban natrium yang berlebihan, tetapi juga menyebabkan hipertensi.

  1. Sering menahan kencing
BACA JUGA :  Turunkan Kolesterol usai Kalap Makan saat Liburan Lebaran dengan Ramuan yang Dijamin Ampuh

Kandung kemih yang penuh dapat memberi tekanan pada ginjal dan menyebabkan kerusakan.

Tidak hanya itu, menyimpan urine di kandung kemih dalam waktu yang lama dapat menciptakan situasi yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan infeksi yang dapat menyebar ke ginjal.

  1. Terlalu banyak konsumsi protein

Konsumsi protein yang tinggi dapat menyebabkan asidosis yang berbahaya untuk ginjal. Berikan anak pola makan yang seimbang dengan sayuran untuk menghindari kerusakan pada ginjal.

Asupan daging, produk susu dan kacang-kacangan terlalu banyak harus dihindari untuk mengurangi asupan protein berlebih pada anak.

  1. Kurang tidur

Rendahnya kualitas tidur juga bisa memicu masalah pada ginjal. Tidur adalah waktu yang penting bagi ginjal untuk meregenerasi jaringan yang rusak.

BACA JUGA :  Ternyata Buah Sawo Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Simak Ini

Siklus tidur-bangun yang buruk tidak hanya merusak ginjal, tetapi juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan aterosklerosis, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penurunan aliran darah ginjal.

Anjurkan anak untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari yaitu 9-12 jam setiap malam.

  1. Jarang terpapar matahari

Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit ginjal. Cukup jemur anak selama 10-15 menit sehari sebelum jam 10 pagi untuk memenuhi kebutuhan vitamin D anak harian.

  1. Terlalu sering minum soda

Banyak meneguk minuman bersoda yang mengandung asam fosfat yang dapat menyebabkan keropos tulang dari waktu ke waktu. Diet tinggi fosfor juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================