Google doodle
Google doodle hari ini Sabtu (29/10/2022) menampilkan doodle tempe mendoan.

BOGOR-TODAY.COMGoogle doodle hari ini Sabtu (29/10/2022) menampilkan doodle tempe mendoan. Jika Anda membuka halaman utama Google, maka akan nampak logo Google yang dibuat sedemikian rupa dengan menampilkan gambar tempe mendoan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Google doodle tempe mendoan (tempeh) itu merupakan karya ilustrator artis tamu Reza Dwi Setyawan asal Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Melansir Google.com, Google Doodle sedang merayakan Hari Jadi Tempe ke-400 tahun.

“Protein nabati bergizi ini adalah makanan fermentasi berusia 400 tahun yang berasal dari Indonesia dan biasanya terbuat dari kedelai, tetapi dapat dibuat dari banyak kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan lainnya dengan proses fermentasi yang sama,” dikutip dari Google.com, Sabtu (29/10/2022).

BACA JUGA :  Minum Air Jahe Setiap Hari, Apa Sih Manfaatnya? Simak Ini

“Doodle menampilkan Tempe Mendoan, salah satu varietas Tempe goreng di Indonesia yang merupakan bagian ikonik dari masakan Indonesia dan dinyatakan sebagai Warisan Budaya Takbenda pada hari ini di tahun 2021,” sambung Google.com.

Dijelaskan, tempe pertama kali didokumentasikan pada 1600-an silam di Desa Tembayat, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia dan tercatat dalam Serat Centhini, kompilasi dua belas jilid kisah dan ajaran Jawa, ditulis dalam bentuk syair dan diterbitkan pada 1814.

“Orang-orang di seluruh dunia biasanya mengonsumsi tempe sebagai pengganti daging, dipadukan dengan nasi dan sayuran. Ini menawarkan berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan usus dan otak,” kata Google.com.

BACA JUGA :  Halmahera Barat Maluku Utara Diguncang Gempa Bumi M 3,3

Sejarah Mendoan

Mendoan adalah makanan sejenis gorengan yang berasal dari Eks Kresidenan Banyumas, Jawa Tengah. Mengutip Wikipedia.org, kata Mendoan sendiri berasal dari Bahasa Banyumasan, yaitu mendo yang berarti setengah matang atau lembek.

Dengan demikian, Mendoan artinya kegiatan memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak benar-benar matang. Bahan makanan yang paling sering diolah menjadi mendoan adalah temped dan tahu.

============================================================
============================================================
============================================================