Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab sakit tenggorokan, antara lain:

  1. Alergi

Terpapar biang alergi seperti bulu hewan peliharaan, jamur, debu, atau serbuk sari juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

  1. Infeksi virus

Virus seperti flu penyebab salesma, influenza, mononukleosis, virus campak dan campak air, Covid-19 atau SARS-CoV 2, atau croup.

  1. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Bakteri yang paling sering menyerang adalah streptokokus grup A penyebab radang tenggorokan.

  1. Makanan atau minuman tertentu

Beberapa makanan dan minuman seperti makanan terlalu pedas, gorengan, alkohol, soda, atau minuman dengan pemanis buatan terkadang bisa mengiritasi tenggorokan dan membuat tenggorokan sakit.

  1. Udara kering
BACA JUGA :  Tega, Ayah di Serang Bunuh Anak Kandung Masih Balita saat Tidur di Samping Ibu

Udara kering bisa menyebabkan tenggorokan gatal dan sakit. Bernapas melalui mulut dan hidung tersumbat juga bisa menyebabkan tenggorokan kering dan sakit.

  1. Udara kotor

Menghirup udara yang kotor seperti di tempat dengan tingkat polusi tinggi atau ada paparan asap rokok di dalam ruangan juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

  1. Penyakit asam lambung kronis

Penyebab sakit tenggorokan terkadang berasal dari asam lambung yang naik ke kerongkongan. Cairan asam ini bisa mengiritasi tenggorokan dan membuat tenggorokan sakit saat menelan.

  1. Otot tegang
BACA JUGA :  Pemkot Bogor Serahkan Sapi Kurban Jenis Limosin 450 Kilogram

Aktivitas seperti berteriak-teriak, berbicara dengan keras, atau bicara dalam waktu lama minim istirahat dan kurang minum bisa menyebabkan otot tegang. Kondisi ini juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Untuk diketahui, kebanyakan penyebab sakit tenggorokan berasal dari infeksi virus ringan seperti flu atau pilek. Umumnya masalah kesehatan ini cukup diatasi obat sakit tenggorokan alami dan belum butuh obat dokter.

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
======================================
======================================
======================================