OPINI
Faris Ardi Wicaksono : Komunitas Peduli Sejarah Kota Bogor

Oleh : Faris Ardi Wicaksono (Komunitas Peduli Sejarah Kota Bogor)

SEJARAH Panjang perjuangan bangsa Indonesia untuk memperoleh dan mempertahankan kemerdekaan memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa, 10 November 1945 di Surabaya adalah salah satu momen heroik yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Peringatan Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat dan dirayakan secara seremonial, lebih dari itu hendaknya kita sebagai generasi yang menikmati hasil perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya.

Baca Juga :  Kasus Campak di 24 Kelurahan Kota Bogor, Dokter RSUD: Kenaikan Kasus Akibat Anak Tak di Imunisasi

Masih adanya gerakan separatisme dan terorisme di negeri ini tentu tidak sejalan dengan cita-cita luhur para Pahlawan kita, sebagai generasi pewaris kemerdekaan tentu bukan hal yang mudah untuk mewujudkan cita-cita tersebut, pun bukan hal mustahil, meski tantangan saat ini terus bertambah.

Pahlawanku, Teladanku menjadi tema Hari Pahlawan tahun 2022. Tema tersebut sangat relevan dengan tantangan yang dihadapi Bangsa Indonesia saat ini, terutama jika kita kaitkan dengan hajatan lima tahunan yang tahapanya saat ini telah berlangsung, Pemilu 2024.

Baca Juga :  Korban Gempa Turki Mencapai 650 Orang, Diperkirakan Korban Akan Terus Bertambah

Masih melekat diingatan kita bagaimana polarisasi dalam dua Pemilu terakhir, bagaimana pertarungan tidak terjadi melawan bangsa lain tetapi melawan saudara sendiri.

Momentum peringatan Hari Pahlawan 2022 hendaknya menjadi landasan bagi kita untuk memperkuat persatuan, mengisi kemerdekaan yang diwariskan kepada kita dan menjadi modal untuk menghadapi berbagai tantangan kedepan.

Sekaligus membuktikan kepada leluhur kita, bahwa bangsa ini layak mewarisi perjuangan mereka serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selamat Hari Pahlawan, Terimakasih Pahlawanku, Terimakasih Teladanku. (*)

Bagi Halaman