Sembelit? 7 Makanan Pelancar BAB yang Perlu Diketahui

BOGOR-TODAY.COM – Jika Anda mengalami sembelit atau susah buah air besar (BAB), jangan khawatir karena ada makanan yang baik dikonsumsi untuk melancarkan BAB dengan efektif tanpa obat-obatan.

Kurangnya minum, pola makan yang buruk hingga kurang bergerak aktif bisa menjadi faktor timbulnya sembelit atau konstipasi.

Untuk mencegahnya, konstipasi perlu dikendalikan dengan pola hidup sehat yang konsisten, terutama dengan mengonsumsi makanan pelancar BAB.

Makanan Pelancar BAB untuk Atasi Sembelit

Berikut makanan yang bisa membantu melancarkan BAB untuk atasi sembelit.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kubis, dan brokoli, merupakan makanan tinggi serat yang baik untuk dikonsumsi saat Anda mengalami sembelit. Serat yang terkandung dalam sayuran hijau dapat menambah volume dan melunakkan tinja, sehingga tinja lebih mudah dikeluarkan dari usus.

  1. Roti gandum utuh

Jika Anda suka makan roti, coba ganti roti Anda dengan roti gandum utuh. Roti ini mengandung lebih banyak serat dan karbohidrat kompleks sehingga dapat melunakkan tinja. Jika Anda membeli roti kemasan, pastikan memilih roti yang berlabel 100% gandum utuh.

  1. Buah apel
BACA JUGA :  Pentingnya Patologi Anatomik, Ini Jadwal Dokternya di RSUD Leuwiliang

Apel mengandung serat larut air yang disebut pektin. Ketika mencapai usus, pektin dalam apel langsung diolah menjadi asam lemak rantai pendek yang dapat menarik air ke usus besar sehingga melunakkan tinja. Selain itu, pektin juga diketahui dapat meningkatkan gerakan usus sehingga dapat mempercepat pengeluaran tinja.

  1. Kefir

Minuman susu fermentasi yang mirip dengan yogurt ini diketahui mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Studi menyebutkan bahwa mengonsumsi kefir dapat membantu meningkatkan jumlah air dalam tinja dan memudahkan tinja untuk keluar saat BAB.

  1. Buah kiwi

Studi menyebutkan bahwa mengonsumsi 2 buah kiwi setiap hari selama empat minggu dapat menghasilkan pergerakan usus yang lebih cepat dan spontan. Tak hanya itu, kandungan serat dan enzim dalam kiwi juga dapat melunakkan tinja dan meningkatkan gerakan usus, sehingga BAB menjadi lebih mudah dan lancar.

  1. Chia seed
BACA JUGA :  Kevin Sanjaya Resmi Putuskan Pensiun Sebagai Atlet Bulu Tangkis

 

Chia seed telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi sembelit karena sangat kaya akan serat. Saat bersentuhan dengan air, chia seed akan berubah bentuk menjadi gel yang dapat melunakkan tinja dan memudahkan tinja untuk bergerak di sepanjang usus besar hingga keluar.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar juga mengandung pektin. Selain itu, ubi jalar mengandung banyak serat tidak larut dalam bentuk selulosa dan lignin. Jenis serat ini dapat membantu pergerakan usus dengan menambah volume tinja sehingga bermanfaat dalam melancarkan BAB bagi penderita sembelit.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================