Cara Mengatasi Berat Badan Kurang pada Anak

Berikut adalah cara mengatasi berat badan kurang pada anak yang bisa diterapkan oleh para orang tua:

  1. Memberi makan anak beberapa kali dalam sehari

Meningkatkan berat badan anak juga bisa dilakukan dengan rutin memberinya makan beberapa kali dalam sehari. Orang tua tidak perlu mengikuti acuan jadwal makan pagi, siang, dan sore untuk memberikan makanan kepada anak.

Jika anak sudah terlihat lapar, segera berikan makanan dengan porsi yang sesuai. Namun, pastikan untuk tidak memberinya camilan kemasan dan makan cepat saji karena kedua makanan tersebut tidak memiliki nutrisi yang baik.

  1. Menyediakan asupan kalori yang cukup untuk anak
BACA JUGA :  Kendaraan Dinas Terlibat Kecelakaan Beruntun di Ciampea Bogor, Hampir Adu Banteng

Jika berat badan kurang pada anak tidak disebabkan oleh kondisi medis tertentu, orang tua dapat memberikan asupan kalori yang cukup. Kalori merupakan salah satu nutrisi yang perlu dikonsumsi anak untuk meningkatan berat badannya. Kalori digunakan untuk menghasilkan energi.

Pastikan anak mendapatkan kalori yang cukup dalam setiap porsi makanannya. Beberapa makanan yang mengandung kalaori adalah roti, kentang, pasta, nasi, mentega, keju, selai kacang, buah kering, yoghurt, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  1. Menghindari memberikan anak terlalu banyak air
BACA JUGA :  Pria di Bogor Nekat Gantung Diri di Tengah Hutan, Sempat Izin Pamit ke Istri dan Jagain Anak-anak

Agar program peningkatan berat badan anak berjalan lebih optimal, hindari memberikannya air terlalu banyak agar ia tidak merasa cepat kenyang. Selain itu, hindari juga memberikannya minuman manis, seperti jus kemasan dan air soda.

  1. Mengajak anak untuk olahraga secara teratur

Anak yang sedang menjalani program peningkatan berat badan jangan dibiarkan untuk bermalas-malasan. Orang tua harus mengajak mereka untuk rutin berolahraga. Hal ini dilakukan agar peningkatan berat badan anak bisa mencapai angka ideal dan tidak berlebihan.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================