Ini Dia 6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kusam

BOGOR-TODAY.COM – Rasa percaya diri bisa berkurang jika kulit wajah sedang kusam. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit wajah yang kusam, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi.

Wajah kusam dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari perubahan hormon, faktor cuaca, hingga penggunaan produk perawatan kulit wajah yang tidak tepat.

Selain itu, kulit wajah yang terlihat kusam juga dapat disebabkan oleh kebersihan kulit wajah yang kurang terjaga.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kusam

Jika Anda memiliki wajah kusam, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencerahkannya kembali, antara lain:

  1. Kelola stres dengan baik

Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon stres yang juga dapat menyebabkan kulit wajah terlihat kusam. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengelola stres, baik dengan menjalani terapi relaksasi dan meditasi atau melakukan sesuatu yang disukai.

  1. Jangan merokok dan hindari asap rokok

Seorang perokok aktif memiliki kulit dan wajah yang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya karena ditandai dengan kulit yang terlihat lebih kusam, lebih cepat berkeriput, dan warna kulitnya tidak rata atau belang.

  1. Konsumsi makanan sehat dan lakukan olahraga secara rutin
BACA JUGA :  Hasil Uber Cup 2024, Tim Bulu Tangkis Indonesia Takluk dari Jepang

Cara lain untuk mendapatkan kulit wajah segar, sehat, dan bebas kusam secara alami dapat dimulai dengan mengonsumsi buah dan sayur, serta berolahraga secara rutin. Jadikan sayuran dan buah-buahan sebagai menu pangan wajib dari menu harian Anda dan jadikan olahraga sebagai aktivitas rutin.

  1. Gunakan tabir surya

Kulit kusam dan keriput juga bisa diakibatkan oleh paparan sinar matahari pada kulit. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih saat beraktivitas di luar ruangan, termasuk saat hari sedang mendung.

  1. Gunakan produk perawatan kulit yang tepat

Menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit dengan kandungan berbeda justru dapat menyebabkan iritasi dan sama sekali tidak mendatangkan manfaat.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Sabtu 4 Mei 2024

Sebagai contoh, kandungan asam dalam asam salisilat dan asam glikolat dari satu produk, justru dapat merusak bahan vitamin A atau retinol dari produk perawatan kulit lain bila dipakai bersamaan.

Selain itu, sering berganti produk kecantikan juga tidak akan membawa hasil yang efektif. Untuk melihat hasil dari pemakaian sebuah produk, produk tersebut perlu digunakan selama durasi waktu tertentu dan hasilnya pun tidak bisa terlihat dalam waktu singkat.

  1. Cukupi waktu istirahat

Tidur yang berkualitas dan teratur selama 7–9 jam sehari dapat mengoptimakan pembentukan hormon pertumbuhan yang mendorong pergantian sel-sel tubuh dan produksi kolagen pada kulit.

Jika Anda kurang tidur, hal ini dapat menghambat proses pergantian sel serta produksi kolagen pada kulit, sehingga membuat wajah tampak lebih kusam dan lesu. Namun, perlu diingat juga bahwa terlalu banyak tidur juga tidak baik untuk kesehatan kulit.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================