Manfaat Skipping Setiap Hari untuk Kesehatan Badan

BOGOR-TODAY.COM – Lompat tali atau yang kerap disebut skipping ialah salah satu cabang olahraga yang diyakini efektif untuk menambah tinggi badan dan menurunkan berat badan.

Skipping merupakan suatu aktivitas penggunaan tali yang dipegang dengan kedua tangan lalu diayunkan melewati kepala hingga kaki sambil melompatinya.

Olahraga yang satu ini dapat menjaga kesehatan sekaligus menambah kekuatan pada tubuh.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui manfaat lainnya pada skipping jika rutin dilakukan.

  1. Membakar kalori tubuh

Manfaat skipping berikutnya yaitu bisa membakar kalori tubuh secara menyeluruh dengan cepat. Skipping selama 15-20 menit per sesi, rata-rata bisa membakar 200-300 kalori.

BACA JUGA :  Diduga Rem Blong, Truk Muatan Batu di Ciampea Bogor Tabrak 3 Mobil

Berdasarkan hasil penelitian, orang dengan berat badan 56 kg yang melakukan skipping selama 30 menit, bisa membakar kalori tubuhnya hingga 340 kalori.

  1. Bantu jaga kesehatan jantung

Manfaat skipping diklaim efektif untuk menjaga kesehatan jantung karena latihan ini setara dengan kardio.

Latihan berbasis kardio bisa menguji kemampuan paru-paru untuk menyerap oksigen dan mengetahui efisiensi jantung saat memasok darah ke semua otot yang sedang bekerja.

  1. Memperkuat tulang
BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 16 Mei 2024

Skipping sangat bermanfaat dalam melatih kekuatan sekaligus kepadatan pada tulang kaki. Sebab, tulang yang kuat merupakan faktor terbesar dalam menentukan kesehatan dan kekuatan fisik.

Menurut hasil studi, rutin skipping 3 kali seminggu selama 6 bulan dapat membentuk kepadatan mineral tulang kaki dan tulang belakang secara signifikan.

  1. Membakar lemak perut

Skipping dapat membantu membakar kelebihan lemak di dalam perut, terutama jika Anda rutin melakukan skipping selama periode diet.

============================================================
============================================================
============================================================