Namun perlu diperhatikan bahwa DPI hanya mewakili perbandingan gerak kursor di dalam layar komputer dengan pergeseran fisik mouse. Jadi tidak bisa dipakai untuk melihat keakuratan sensor maupun tingkat presisinya.

Pentingnya DPI saat Memilih Mouse

Setiap aktivitas yang menggunakan media komputer tentu membutuhkan mouse dengan tingkat sensitivitas berbeda-beda. Kita makanya perlu mempertimbangkan angka DPI sesuai dengan apa yang ingin dilakukan saat membelinya.

Bahkan untuk bermain game, kita tidak bisa memilih mouse dengan DPI yang sama untuk semua genre. Dalam satu judul pun kita kadang kala perlu menggunakan angka berlainan sesuai karakter yang akan dimainkan.

BACA JUGA :  Kota Bogor Raih 2 Penghargaan Lomba Video Penanggulangan TBC dari Kemenkes

Misalnya saat bermain game tembak-menembak, kita yang menggunakan senjata senapan serbu (Assault Rifle) tentu memerlukan mouse dengan DPI tinggi supaya nanti lebih cepat saat mengarahkan tembakan. Namun kita dengan senapan runduk (sniper) justru butuh angka lebih rendah supaya bisa mengeker dengan lebih stabil.

Walaupun begitu, tidak ada angka pasti yang bisa dipakai sebagai standar untuk setiap kebutuhan. Masing-masing orang mempunyai karakteristik yang berbeda dalam hal ini. Biasanya akan bergantung pada kebiasaan dan kemampuan refleks yang dimiliki.

BACA JUGA :  Kecelakaan Beruntun 6 Mobil di Tol Cipularang Km 107, Diduga Sopir Ngantuk

Untungnya, perangkat mouse masa kini terutama yang dirancang untuk kebutuhan gaming mempunyai dukungan berupa pengaturan tingkat DPI. Kita dapat menemukannya dalam wujud sebuah tombol fisik di perangkat maupun software khusus yang bisa diakses lewat komputer. (*)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================