Hari Pohon Sedunia
Menilik Asal-usul Hari Pohon Sedunia yang Diperingati 21 November Setiap Tahunnya. Foto : Freepik.com

BOGOR-TODAY.COMHari Pohon Sedunia atau World Tree Day merupakan hari penting sedunia yang diperingati pada tanggal 21 November setiap tahunnya untuk memperingati pentingnya pohon di seluruh dunia.

Apa itu Hari Pohon Sedunia 21 November?

Hari Pohon Sedunia adalah hari penting sedunia untuk memperingati pohon yang memiliki berbagai peran dan manfaat penting bagi kehidupan. Kapan Hari Pohon Sedunia diperingati adalah pada tanggal 21 November setiap tahunnya.

Seperti dilansir situs resmi Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum LHK Wilayah Sulawesi, Hari Pohon Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya manfaat pohon bagi kehidupan, terutama dalam rangka melestarikan lingkungan.

BACA JUGA :  Rahasia Orang Jepang Miliki Kulit Mulus dengan Konsumsi Makanan Sehat Ini

Sejarah Hari Pohon Sedunia 21 November

Sejarah Hari Pohon Sedunia dicetuskan oleh Julius Sterling Morton, seorang pencinta alam dari Amerika Serikat. Dia amat gigih dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon.

Pada tahun 1854, Julius Sterling Morton dan istrinya, Caroline Joy French, pindah dari Michigan ke Nebraska yang baru terbentuk, yaitu wilayah tanpa pepohonan. Dengan kondisi tersebut, dia berusaha mendorong warga untuk menanam pohon untuk melestarikan lingkungan, dan memperindah wilayah pemukiman tempatnya tinggal.

BACA JUGA :  Minuman Pelepas Dahaga dengan Es Cincau Serut Gula Merah yang Manis Pas

Kemudian pada tanggal 10 April 1872, Julius Sterling Morton mengusulkan untuk menyisihkan satu hari untuk menanam pohon. Selanjutnya disepakatilah penetapan Hari Pohon Sedunia yang diperingati setiap 21 November.

Perayaan Hari Pohon Sedunia pertama kali diselenggarakan di Spanyol. Pada saat memperingatinya, banyak pihak melakukan gerakan penanaman pohon. Dunia menyebutnya sebagai Arbor Day. Arbor diambil dari bahasa latin yang berarti pohon.

============================================================
============================================================
============================================================