Berbaring telentang tanpa menggunakan bantal di kepala membuat refluks lebih mudah terjadi, bahkan dapat menyebabkan Anda terbangun dan tersedak refluks.

Di sisi lain, tidur telentang juga kurang baik bagi kesehatan jantung karena aliran darah yang seharusnya naik ke jantung jadi tidak lancar.

Selain menerapkan posisi tidur untuk mencegah asam lambung naik, pastikan Anda menjalani pengobatan intensif dari dokter serta mengubah kebiasaan makan dan gaya hidup yang lebih sehat.

  1. Tidur miring ke kiri
BACA JUGA :  Hari Kesiapsiagaan Bencana Momentum Bangkitkan Kesadaran Masyarakat Agar Siaga

Tidur miring menghadap kiri dapat membantu mengurangi asam lambung naik. Posisi ini membuat sfingter esofagus bagian bawah berada di atas tingkat asam lambung.

Hal tersebut membuat refluks jadi lebih sulit naik ke kerongkongan. Sekalipun terjadi refluks, gravitasi akan melawan cairan asam yang naik dan kembali ke perut.

Sementara jika tidur atau berbaring miring ke kanan, asam lambung menutupi sfingter esofagus bagian bawah yang justru meningkatkan risiko refluks.

Setidaknya Anda dapat tidur ke sisi kiri terlebih dahulu untuk mengurangi gejala refluks. Kemudian bisa berganti arah sebaliknya supaya terhindar dari pegal punggung.

  1. Jangan tidur miring ke kanan
BACA JUGA :  Resep Membuat Donburi Ayam Krispi untuk Menu Makan Andalan Keluarga

Penderita asam lambung tidak direkomendasikan untuk tidur miring ke kanan. Posisi ini dapat merelaksasi otot sfingter sehingga meningkatkan risiko refluks jadi lebih tinggi.

Tak hanya itu, posisi tidur miring ke kanan dapat memperparah gejala lain, seperti mudah tersedak atau batuk.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================