Rambut beruban
Foto : Freepik.com

BOGOR-TODAY.COMRambut beruban adalah masalah umum orang-orang di berbagai kelompok usia. Ada suatu masa ketika uban terjadi hanya setelah usia tertentu tetapi di masa lalu, namun saat ini remaja pun bisa menderita masalah ini. Tapi mengapa rambut bisa beruban sebelum usia lanjut? Penasaran? Berikut adalah beberapa alasannya, yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Polusi

Lingkungan racun dapat menyebabkan rambut beruban lebih cepat. Polutan di lingkungan menghasilkan radikal bebas yang merusak melanin dan meningkatkan laju penuaan rambut.

BACA JUGA :  Tersambar Petir saat Cari Ikan, Nelayan di Pesisir Barat Tewas

Stres

Ya, jika kamu banyak stres, kemungkinan rambut bisa beruban di usia lebih muda. Stres mempercepat kepadatan genetik dan akibatnya mengubah warna rambut. Cobalah untuk mengelola stres jika kamu ingin warna rambut tetap sama.

Merokok

Kamu dapat memiliki uban, bahkan jika kamu hanya seorang perokok pasif. Paparan asap rokok dapat berdampak pada warna rambut. Sesuai penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013, orang yang merokok memiliki peluang 2,5 kali lebih tinggi untuk memutih. Ini adalah alasan lain mengapa kamu harus berhenti merokok.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling, Selasa 23 April 2024 di Kota Bogor

Perubahan Hormonal

Perubahan hormon adalah alasan lain mengapa rambut mungkin berubah menjadi abu-abu. Rambut bisa kehilangan tekstur, kepadatan, dan warnanya seiring waktu karena perubahan hormonal. Prosesnya biasanya dimulai ketika kamu berusia 30 tahun dan kamu dapat melihat perbedaan mencolok pada warna rambutmu.

============================================================
============================================================
============================================================