Manfaat Seledri untuk Kesehatan

BOGOR-TODAY.COM – Sayuran penambah cita rasa masakan yaitu seledri ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebagian orang mungkin tidak banyak yang tau tentang manfaat pada sayuran yang satu ini.

Mungkin yang paling umum diketahui orang seledri rendah kalori, tetapi mungkin belum banyak orang tahu tanaman hijau ini mengandung banyak nutrisi.

Manfaat seledri untuk kesehatan

  1. Mengurangi risiko kanker

Antioksidan pada seledri yang bersifat anti-kanker yang kuat adalah apigenin dan luteolin. Kedua senyawa tersebut membantu penghancuran radikal bebas dan meningkatkan kematian sel kanker.

Seledri juga mengandung polyacetylenes bioaktif, senyawa ini memiliki potensi untuk mencegah berbagai pembentukan sel kanker dalam tubuh Anda. Seledri bermanfaat untuk melindungi seseorang dari kanker pankreas dan payudara, khususnya.

  1. Menurunkan tekanan darah

Seledri mengandung fitokimia dalam jumlah tinggi yang dikenal sebagai phthalides. Senyawa ini melemaskan otot-otot arteri dan meningkatkan aliran darah.

Selain itu, seledri kaya akan nitrat yang juga membantu mengendurkan otot polos pembuluh darah. Itu semua membuat seledri bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Pengobatan tradisional China juga sudah menggunakan seledri baik dalam bentuk segar atau ekstrak untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Membantu mengurangi berat badan
BACA JUGA :  384 Piala Penghargaan Kota Bogor Dipajang di Galeri dan Perpustakaan

Seledri yang rendah kalori bermanfaat untuk membantu Anda mengatur berat badan. Kandungan air dan seratnya juga bisa membantu tubuh mengontrol rasa lapar.

Kandungan seratnya dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama dan membantu menurunkan berat badan.

Kandungan air yang tinggi juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengatur metabolisme lipid.

  1. Meningkatkan kesehatan sel saraf dan mencegah kehilangan memori

Seledri mengandung apigenin yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan saraf. Apigenin juga dapat berkontribusi pada kesehatan neuron.

Manfaat seledri juga bisa mencegah terjadinya hilang ingatan, karena kandungan senyawa spesifik yang dikenal sebagai L-3-n-butylphthalide.

Ekstrak seledri memainkan peran berharga dalam mengobati penyakit Alzheimer dan mencegahnya berkembang sejak awal.

  1. Membantu melancarkan pencernaan

Manfaat seledri untuk melancarkan pencernaan karena tanaman ini mengandung nutrisi yang bersifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Serat alami yang ditemukan dalam seledri menjadikannya makanan penting untuk sistem pencernaan.

Serat larut dalam seledri akan difermentasi oleh bakteri usus besar, yang mana proses fermentasi ini akan meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

  1. Mencegah peradangan
BACA JUGA :  KURANG ELOK PRAMUKA BERUBAH DARI EKSKUL WAJIB JADI PILIHAN

Seledri kaya berbagai antioksidan yang memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan anti-virus.

Sehingga, manfaat seledri lainnya adalah mencegah peradangan. Seledri juga mengandung senyawa bernama luteolin yang juga dapat mencegah peradangan pada sel otak.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak seledri bertindak bagai obat antiinflamasi, seperti aspirin dan ibuprofen.

Mungkin juga memiliki efek mengurangi rasa sakit. Selain itu, mungkin bermanfaat untuk melindungi Anda dari kerusakan lambung akibat penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

  1. Meningkatkan jumlah dan aktivitas sperma

Manfaat seledri juga untuk meningkatkan kinerja seksual dan meningkatkan jumlah sperma. Studi menunjukkan bahwa seledri memiliki perlindungan terhadap zat yang dapat merusak jumlah sperma.

Manfaat ini mungkin karena seledri memiliki efek penghambatan terhadap radikal bebas, yang dapat berdampak buruk pada kesuburan.

Seledri bahkan dapat meningkatkan sekresi testosteron (hormon pria).

  1. Meningkatkan kehidupan seksual

Seledri dapat mendorong hormon pria androstenon dan androstenol pada tingkat tinggi, yang merangsang gairah seksual pada wanita.

Dipercaya bahwa makan seledri dapat membuat pria lebih menarik dengan mengeluarkan aroma yang dapat membuatnya lebih diinginkan.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================