Manfaat Seledri untuk Kesehatan

BOGOR-TODAY.COM – Sayuran penambah cita rasa masakan yaitu seledri ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebagian orang mungkin tidak banyak yang tau tentang manfaat pada sayuran yang satu ini.

Mungkin yang paling umum diketahui orang seledri rendah kalori, tetapi mungkin belum banyak orang tahu tanaman hijau ini mengandung banyak nutrisi.

Manfaat seledri untuk kesehatan

  1. Mengurangi risiko kanker

Antioksidan pada seledri yang bersifat anti-kanker yang kuat adalah apigenin dan luteolin. Kedua senyawa tersebut membantu penghancuran radikal bebas dan meningkatkan kematian sel kanker.

Seledri juga mengandung polyacetylenes bioaktif, senyawa ini memiliki potensi untuk mencegah berbagai pembentukan sel kanker dalam tubuh Anda. Seledri bermanfaat untuk melindungi seseorang dari kanker pankreas dan payudara, khususnya.

  1. Menurunkan tekanan darah
Baca Juga :  Tabrak Tiang Beton Pagar Warga Padang, Pemotor Bonceng Tiga Tewas

Seledri mengandung fitokimia dalam jumlah tinggi yang dikenal sebagai phthalides. Senyawa ini melemaskan otot-otot arteri dan meningkatkan aliran darah.

Selain itu, seledri kaya akan nitrat yang juga membantu mengendurkan otot polos pembuluh darah. Itu semua membuat seledri bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Pengobatan tradisional China juga sudah menggunakan seledri baik dalam bentuk segar atau ekstrak untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Membantu mengurangi berat badan

Seledri yang rendah kalori bermanfaat untuk membantu Anda mengatur berat badan. Kandungan air dan seratnya juga bisa membantu tubuh mengontrol rasa lapar.

Baca Juga :  Penemuan Jasad Bayi Laki-laki Mengambang di Kali Tanjungan Penjaringan

Kandungan seratnya dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama dan membantu menurunkan berat badan.

Kandungan air yang tinggi juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengatur metabolisme lipid.

  1. Meningkatkan kesehatan sel saraf dan mencegah kehilangan memori

Seledri mengandung apigenin yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan saraf. Apigenin juga dapat berkontribusi pada kesehatan neuron.

Manfaat seledri juga bisa mencegah terjadinya hilang ingatan, karena kandungan senyawa spesifik yang dikenal sebagai L-3-n-butylphthalide.