Simak Ini! Tanda-tanda Stroke pada Wanita yang Sering Diabaikan

BOGOR-TODAY.COM Stroke merupakan penyakit yang terjadi ketika pasokan darah ke otak berkurang. Kondisi ini lantas mengakibatkan otak tidak mendapat oksigen serta nutrisi.

Penyakit stroke pada wanita dapat ditandai dengan beberapa kondisi yang mirip dengan gejala penyakit lainnya sehingga kerap diabaikan.

Stroke disebabkan karena 2 hal yaitu, penyumbatan pembuluh darah arteri (stroke iskemik) dan pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Tanda-tanda Stroke pada Wanita

Berikut 5 tanda-tanda stroke pada wanita yang mungkin cenderung diabaikan.

  1. Sakit kepala kronis

Seorang wanita bisa saja mengalami sakit kepala kronis yang tak kunjung reda sebagai bagian dari gejala stroke.

Umumnya, mereka mengeluhkan kepalanya yang sangat berat dan nyeri seperti dihantam sesuatu. Dilansir dari Womens Health, sakit kepala kronis meningkatkan risiko kematian akibat stroke.

  1. Kejang
BACA JUGA :  Dijamin Nambah Napsu Makan, Ini Dia Resep Sambal Cumi Asin dan Petai yang Lezat dan Sedap

Stroke sangat mematikan karena dapat dengan cepat menyebabkan kerusakan otak. Salah satu tanda bahwa otak mengalami kerusakan ialah kejang yang terjadi secara tiba-tiba.

  1. Pingsan

Pingsan dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti kelelahan, pusing, tekanan darah rendah, dan kehamilan.

Tak cuma itu, pingsan ternyata dapat menandai gejala awal stroke. Ketika aliran darah terganggu atau tersumbat, seseorang berpotensi kehilangan kesadaran. Karena itu, kita sebaiknya mencari tahu alasan atau penyebab pingsan dengan periksa ke dokter.

  1. Vertigo

Menurut National Stroke Association (NSA), vertigo yang kerap ditandai dengan mual dan pusing adalah gejala stroke yang jarang terjadi pada pria, tapi wanita dapat mengalami kondisi ini.

BACA JUGA :  KUSTA, KENALI PENYAKITNYA RANGKUL PENDERITANYA

Pusing dan mual mungkin sering diabaikan karena dianggap sebagai gejala penyakit lain, seperti keracunan makanan atau flu.

Padahal, vertigo bisa jadi tanda-tanda stroke batang otak. Untuk memastikan kondisi Anda, segera kunjungi fasilitas layanan kesehatan untuk periksa.

  1. Cegukan yang tak kunjung berhenti

Cegukan dapat diartikan dengan adanya masalah pada diafragma seseorang. Ada beberapa kemungkinan penyebab timbulnya cegukan pada seseorang, seperti kesalahan makan, stres, hingga penyakit medis lainnya Perlu diketahui oleh para wanita, cegukan ternyata bisa menjadi tanda-tanda stroke.

Menurut jurnal yang diterbitkan dalam Journal of Neurology and Neurophysiology, cegukan yang terus menerus dan tidak dapat dihentikan wajib Anda waspadai.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================