gunung semeru
Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru membuat 93 warga Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Jawa Timur mengungsi. Dokumen BNPB.

BOGOR-TODAY.COM, PRONOJIWO – Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru membuat 93 warga Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Jawa Timur mengungsi. Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) menyebut jarak APG mencapai 11 kilometer.

“Awan Panas Guguruan (APG) Gunung Semeru masih berlangsung. Jarak APG terpantau hingga 11 km,” demikian dilaporkan BNPB melalui akun twitternya @BNPB_Indonesia, Minggu (4/12/2022).

Baca Juga :  DPRD Kawal Musrenbang Kecamatan Kota Bogor, Targetkan RPJMD Kota Bogor Rampung di 2024

BNPB terus berkoordinasi dengam tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk melakukan monitoring dan evakuasi warga sekitar.

“Sejauh ini sudah ada 93 warga yang mengungsi di Balai Desa Sumberurip Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur,” ujar BNPB.

“BNPB akan terus berkoordinasi dengan tim BPBD di lapangan dalam melakukan kaji cepat, monitoring dan evakuasi warga,” sambung cuitan BNPB di Twitter.

Baca Juga :  Resep Masakan Macaroni and Cheese

Sementara, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan status Gunung Semeru di Jawa Timur pada Minggu (4/12/2022) sudah dinaikkan dari Level 3 atau Siaga menjadi Level 4 atau Awas terhitung mulai pukul 12.00 WIB.