Ini Dia Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

BOGOR-TODAY.COM – Makanan yang mengandung protein tinggi baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui serta bayi dan balita untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Selama proses pencernaan, makanan yang mengandung protein akan dipecah menjadi bagian-bagian kecil yang disebut asam amino.

Untuk memenuhi kebutuhan protein sehari-hari, ada beragam makanan mengandung protein yang bisa Anda konsumsi, yaitu protein dari hewan (protein hewani) dan protein dari tumbuhan (protein nabati).

Berbagai Jenis Makanan yang Mengandung Protein

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung protein tinggi, baik dari hewan maupun tumbuhan:

  1. Telur

Telur telah lama dikenal sebagai salah satu makanan berprotein tinggi. Tak hanya protein, telur juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh. Berkat kandungan nutrisinya tersebut, telur kerap dikonsumsi untuk menjaga berat badan, mempercepat proses penyembuhan, dan menjaga kesehatan jantung.

  1. Tahu dan tempe
BACA JUGA :  Manfaat Jus Jambu untuk Kesehatan, Bisa Turunkan BB Juga? Simak Ini

Tahu dan tempe termasuk makanan tinggi protein nabati yang terbuat dari kedelai. Meski proses pengolahannya berbeda, tahu dan tempe sama-sama kaya akan isoflavon, yaitu antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas.

  1. Daging tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak, seperti bagian has luar atau sirloin dan bagian panggul sapi atau gandik, biasanya masih mengandung sedikit lemak, tetapi kandungan proteinnya jauh lebih tinggi.

Selain protein, daging sapi juga mengandung zat besi dan vitamin B yang berperan penting dalam mencegah anemia serta membentuk sel dan jaringan tubuh yang sehat.

  1. Produk olahan susu
BACA JUGA :  Menu Makan Dengan Mie Kuah Daging Bumbu Semur, Dijamin Menggugah Selera Keluarga

Susu, keju, dan yoghurt merupakan produk olahan susu yang tinggi kandungan protein sekaligus kalsium dan vitamin D. Untuk memaksimalkan asupan protein bagi Anda yang sedang diet, pilihlah produk olahan susu rendah lemak. Dalam satu gelas susu rendah lemak biasanya terdapat 11 gram protein dan 2,5 gram lemak.

  1. Daging ayam

Daging ayam juga merupakan salah satu pilihan makanan yang mengandung protein tinggi. Selain rasanya yang lezat dan bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan, ayam juga tergolong lebih murah dibandingkan dengan daging sapi.

============================================================
============================================================
============================================================