Karena kandungan nutrisinya yang beragam, ada sejumlah manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi barley. Berikut ini adalah beberapa manfaat barley untuk kesehatan:

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Serat pada barley dapat menurunkan kadar kolesterol, sedangkan kandungan kaliumnya bisa menurunkan tekanan darah. Manfaat ini menjadikan barley baik dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

  1. Menjaga berat badan

Sebagai makanan berserat tinggi, barley akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Bila dikonsumsi secara rutin, barley dapat membantu Anda menjaga berat badan tetap ideal.

Tak hanya itu, kandungan beta-glukan dalam barley juga bisa mengurangi jaringan lemak di perut dan meningkatkan metabolisme tubuh.

  1. Melancarkan saluran pencernaan
BACA JUGA :  Melenggang di Pilgub Jabar 2024, Bima Arya Beberkan Sejumlah Program

Selain menjaga berat badan, kandungan serat dalam barley juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi.

Kandungan serat dalam barley juga memiliki sifat prebiotik. Ini artinya barley dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Konsumsi barley bahkan dipercaya mampu meredakan peradangan dan meringankan gejala gangguan pada saluran pencernaan, seperti irritable bowel syndrome dan kolitis ulseratif.

  1. Mengurangi risiko terjadinya kanker usus

Menerapkan pola makan untuk mencegah kanker usus besar dengan biji-bijian yang berserat tinggi, misalnya barley, terbukti dapat menurunkan risiko berbagai macam penyakit kronis, termasuk kanker usus.

  1. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Barley merupakan salah satu jenis makanan tinggi protein dan serat serta rendah lemak. Kandungan serat yang tinggi pada barley dapat mengurangi penyerapan kolesterol, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

BACA JUGA :  Surat Edaran Soal Study Tour, Pj Wali Kota Bogor Imbau Kegiatan di Dalam Kota

Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari risiko penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi, seperti penyakit kardiovaskular.

  1. Mencegah penyakit diabetes

Tak hanya tinggi serat, barley juga kaya akan magnesium dan antioksidan. Kombinasi nutrisi dan zat tersebut membuat barley bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah dan mengoptimalkan kinerja hormon insulin. Dengan demikian, risiko terjadinya penyakit diabetes pun dapat berkurang.

  1. Mencegah penyakit batu empedu

Kandungan serat dalam barley juga bermanfaat untuk mencegah pembentukan batu empedu. Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa risiko terjadinya penyakit batu empedu dapat berkurang hingga 10% setiap kali Anda mengonsumsi barley.

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================