Bappenda Kabupaten Bogor Torehkan Prestasi Dan Raih Apresiasi

BOGOR-TODAY.COM, CIBINONG – Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor mencatat sejumlah prestasi di tahun 2022. Atas capaian tersebut, Bappenda diganjar penghargaan oleh Gubernur Jawa Barat. Hal ini diungkapkan Sekretaris Bappenda Kabupaten Bogor, Adi Mulyadi, Selasa (20/12).

Sekretaris Bappenda Kabupaten Bogor, Adi Mulyadi  mengungkapkan, tahun 2022 Pemkab Bogor menetapkan target pendapatan daerah sebesar Rp.9.175.672.297.760,00. Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp.3.739.093.754.030,00. Sedangkan target pajak daerah tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp. 2.369.772.820.000,00.

“Posisi sampai dengan 16 Desember 2022, penerimaan pendapatan daerah sudah mencapai 87,93 %, sedangkan PAD mencapai 95,17 %, dan untuk pajak daerah mencapai 106,40 %,” ungkap Adi.

Adi melanjutkan, kami selalu berusaha terus memberikan kemudahan pelayanan bagi para wajib pajak antara lain dengan inovasi digitalisasi layanan diantaranya, Antrian Online, PBB Online, e-PBB Mobile, pelayanan mobil keliling, e-SPPT online, BPHTB online, e-SPTPD online dan juga B-Tax.

“Kemudian ada dua aplikasi yang akan kami luncurkan bersamaan dengan kegiatan Anugerah Pajak Daerah Kabupaten Bogor, yaitu aplikasi HALLO BAPPENDA dan SIKEBAL,” ujar Adi.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Senin 13 Mei 2024

Selanjutnya Adi menerangkan, saat ini pembayaran pajak daerah sudah bisa dilakukan dimana saja. Selain di UPT Pajak Daerah, Bank BJB dan Bank BRI, sekarang membayar pajak sudah bisa dilakukan di Bukalapak, Tokopedia, POS Indonesia, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, OVO, Masago, Blibli, Traveloka Q-RIS dan Link Aja.

“Karena memang wajib pajak di Kabupaten Bogor ini tidak hanya warga Kabupaten Bogor yang menjadi wajib pajak, tetapi juga wajib pajak yang memang tersebar di luar Kabupaten Bogor. Tentunya kalau mereka harus ke Kabupaten Bogor melakukan pembayaran agak menyulitkan ya. Nah, oleh karena itu kita coba buka channel pembayaran-pembayarannya agar mereka bisa melakukan pembayaran di mana saja,” terang Adi.

Atas capaian tersebut, Bappenda Kabupaten Bogor meraih Apresiasi Jawara Ekonomi Digital Jawa barat (AJEG JABAR) tahun 2022, pada kegiatan West Java Annual Meeting (WJAM), di InterContinental Hotel Dago Pakar, Kota Bandung, Senin (19/12). Kabupaten Bogor meraih terbaik ke-5 pada kategori Digitalisasi Ekonomi Daerah Kabupaten Terbaik.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Lantik Pejabat di Lingkup BPBD dan Sekretariat DPRD

Penghargaan AJEG JABAR tahun 2022 diberikan langsung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kepada Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor, Arif Rahman. AJEG Jabar diberikan kepada kabupaten, kota, dan perbankan yang dinilai berhasil melakukan implementasi pemanfaatan teknologi digital, serta mendorong perluasan ekosistem ekonomi digital di masyarakat. Peraih apresiasi dinilai berdasarkan beberapa kriteria umum yang relevan dan dibagi menjadi tiga kategori yakni Pemda terbaik dalam digitalisasi ekonomi daerah, kemudian Pemda dengan perkembangan implementasi digitalisasi terbaik, dan bank pendukung digitalisasi daerah.

Penghargaan berikutnya adalah, mendapat juara 1 pada Anugerah Philotra dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam kategori pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat yang berkontribusi terhadap upaya peningkatan optimalisasi pendapatan Aparatur Sipil Negara yang taat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. (*/ Gistin)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================