Kebakaran Hanguskan Puluhan Hektare Hutan hingga Lahan Adat di Kerinci

BOGOR-TODAY.COM, JAMBI – Insiden kebakaran yang menghanguskan puluhan hektare hutan dan lahan adat di Kabupaten Kerinci, Jammbi terjadi pada Senin malam (26/12/2022). Api yang mudah menjalar dan sulit dipadamkan karena banyaknya daun ranting kering serta sulitnya sumber air di lokasi kejadian.

Hutan dan lahan adat milik Enam Desa Kemantan, Kecamatan Air Hangat Timur, Kerinci diperkirakan terbakar seluas 25 hektate.

Untuk memadamkan api agar api tidak menjalar, warga menggunakan alat seadanya hingga tengah malam.

BACA JUGA :  Cekcok dengan Istri, Pria di Makassar Bakar Rumah Mertua

“Sekitar 25 hekatare yang terbakar. Sebenarnya kami dari desa sudah berupaya memberikan imbauan untuk mengatasi kebakaran hutan,” ucap Kades Kemantan Darat, Elpian, Selasa (27/12/2022).

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran. Namun dugaan sementara akibat warga yang tidak bertanggung jawab membuang bara puntung rokok sembarangan.

Sulitnya akses jalan menuju lokasi yang berada di area perbukitan dan minimnya sumber air di lokasi membuat petugas pemadam kebakaran tidak bisa menjangkau lokasi.

BACA JUGA :  Kota Bogor Raih 2 Penghargaan Lomba Video Penanggulangan TBC dari Kemenkes

Cuaca yang ekstrem seperti angin kencang dan musim kemarau yang terjadi dua pekan terakhir ini membuat api menjalar dengan cepat dan meluas.

Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran susulan, warga dihimbau untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan berhati-hati dalam menggunakan api. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================