Ternyata Ini 7 Efek Kebanyakan Makan Daging Merah bagi Kesehatan

BOGOR-TODAY.COM, JAKARTA – Kendati punya manfaat bagi tubuh, kebanyakan daging merah juga tak baik bagi kesehatan. Untuk itu, konsumsinya perlu dibatasi.

Melansir EatThis, sejumlah organisasi kesehatan memberikan rekomendasi batas aman konsumsi daging merah.

Ahli dari World Cancer Research dan American Institute for Cancer Research menyarankan makan daging idealnya cukup tiga kali seminggu dengan takaran 300-500 gram per minggu.

Efek samping kebanyakan makan daging merah

Dilansir dari kompas.com, makan daging berlebihan bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh, terutama dalam jangka panjang. Berikut efek kebanyakan makan daging merah bagi kesehatan yang perlu diwaspadai:

  1. Meningkatkan risiko penyakit jantung
BACA JUGA :  Nobar Timnas Indonesia, Dirut Tirta Pakuan: Dukung Perjuangan Anak Bangsa

Menurut para ahli dari American Heart Association, daging merah memiliki lebih banyak lemak jenuh daripada sumber protein lain, seperti ayam, ikan, atau kacang-kacangan.

Penumpukan lemak jenuh dan lemak trans di tubuh bisa membuat kadar kolesterol tinggi. Seperti diketahui, kadar kolesterol tinggi adalah pemicu penyakit jantung.

Untuk meminimalkan risiko penyakit jantung, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak makan daging. Atau, konsumsi daging tanpa lemak dengan porsi yang disarankan ahli. Sebisa mungkin hindari segala jenis daging olahan, seperti ham, burger, smoked beef, sosis, sampai kornet yang mengandung pengawet.

  1. Meningkatkan risiko kanker
BACA JUGA :  Kecelakaan Tunggal Mobil di Jalan Jogja-Solo Klaten Nyemplung Selokan

Penelitian menunjukkan, efek kebanyakan daging merah bisa meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit kanker usus besar.

Tak hanya daging merah, konsumsi daging olahan seperti sosis, ham, burger, salami, pepperoni, sampai kornet juga memiliki risiko sejenis.

Selain tidak kebanyakan makan daging, Anda juga perlu rutin cek kesehatan, mengelola stres, rajin olahraga, dan cukup tidur agar hidup tetap sehat.

  1. Meningkatkan risiko batu ginjal

Efek kebanyakan makan daging yang perlu diwaspadai lainnya yakni penyakit batu ginjal.

============================================================
============================================================
============================================================