Kebakaran Hanguskan Rumah di Garut, Lansia Tewas saat Selamatkan Barang Berharga

BOGOR-TODAY.COM, JABAR – Telah terjadi kebakaran yang menghanguskan rumah semi permanen di Kampung Narimbang RT01 RW11, Desa Mekarmukti, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut, terbakar hebat, Selasa (10/1/2023) malam. Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 22.30 WIB.

Insiden kebakaran tersebut menewaskan seorang lansia pemilik rumah bernama Yuhanah (61).

Yuhanah meninggal dunia saat mencoba menyelamatkan barang berharga di rumahnya yang berukuran 8×10 meter persegi.

Pihak pemadam langsung bergerak ke lokasi begitu mendapatkan laporan adanya kebakaran tersebut. Hal itu dikatakan Kepala Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Dinas Pemadam kebakaran (Disdamkar) Bungbulang, Yaumal Asri.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut Truk Angkut Bawang Merah Tabrak Truk Wing Boks di Tol Solo-Ngawi, 2 Orang Tewas

“Satu unit rumah semi permanen milik Yuhanah terbakar, namun dikabarkan pemilik rumah tewas terbakar,” tuturnya, Rabu (11/1/2023).

Petugas pun dikerahkan untuk mengisolir dan memadamkan api agar tak merembet ke sejumlah rumah warga lain di sekitarnya. Warga setempat turut membantu upaya pemadaman itu.

“Petugas piket jaga diterjunkan langsung ke lokasi untuk memadamkan api, dibantu juga warga setempat,” katanya.

Dia menjelaskan, saat kebakaran terjadi korban sedang berupaya menyelamatkan barang berharga di dalam rumah. Api kemudian membesar yang mengakibatkan korban terjebak tak bisa menyelamatkan diri.

“Dari informasi warga, pemilik rumah yang menyelamatkan barang berharga di dalam rumah tersebut tak kunjung keluar karena terjebak. Kobaran api semakin membesar di rumah itu,” ujar dia.

BACA JUGA :  KELUARGA ADALAH PENDIDIKAN YANG PERTAMA DAN UTAMA

Dia menduga kebakaran di rumah tersebut disebabkan oleh korsleting arus listrik pada bagian atap.

“Warga awalnya melihat api dari atap tengah rumah. Diduga korsleting pada bagian jalur listrik atas rumah sehingga terjadi kebakaran,” katanya.

Seusai peristiwa kebakaran, tambah Yaumal Asri, korban langsung diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan. Kerugian materi akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. (net)

Bagi Halaman
======================================
======================================
======================================