Upaya Kurangi Kemacetan, Pembangunan Underpass di Stasiun Batutulis Tidak Menutup Arus Lalu Lintas

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Progress pembangunan underpass di Stasiun Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, sebagai perlintasan tidak sebidang lintas Bogor-Sukabumi saat ini sedang dalam proses pengerjaan.

Proyek tersebut masuk dalam paket pekerjaan Pembangunan Perlintasan Tidak Sebidang JPL 10 Dan Penataan Stasiun Batutulis Lintas Bogor-Sukabumi program dari Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Djka) Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat (BTP Bandung) wilayah Bogor – Sukabumi.

Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah didampingi perwakilan dari DJKA BTP Bandung dan PT KAI meninjau langsung progres pembangunan underpass yang sudah berjalan sejak November 2022.

BACA JUGA :  Resep Membuat Sambal Ikan Sepat Cabe Hijau yang Mantul

Nantinya kata Bima Arya, keberadaan underpass ini akan memecahkan persoalan perlintasan tidak sebidang dengan arus lintas.

“Jadi Insya Allah tidak akan ada lagi kemacetan. Karena nanti mobilnya (pengendara melintas) dimasukkan ke akses underpass, sehingga tidak ada hambatan ketika kereta melintas tidak usah ditutup terus, jadi kereta bisa terus jalan dan kemacetan di sana juga terurai karena pengendara masuk ke underpass,” kata Bima Arya, Selasa (10/1/2023) di sela-sela kegiatan peninjauan.

BACA JUGA :  Manfaat Jus Jambu untuk Kesehatan, Bisa Turunkan BB Juga? Simak Ini

PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian wilayah Bogor-Sukabumi, BTP Bandung, Defri W mengatakan, progress pembangunan underpass sudah sekitar 10 persen.

Saat ini pihaknya sedang dilakukan pembersihan lahan dan pembesian untuk persiapan pemasangan bored pile atau pondasi tiang bor.

“Kan sebelumnya (titik awal pembangunan underpass) memang terdapat tumpukan tanah, saat ini tim dari kami dibantu pelaksana sedang melakukan land clearing, terus tadi pembesian dan tentunya koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” ujarnya.

============================================================
============================================================
============================================================