Manfaat Istimewa Apel Hijau untuk Kesehatan, Simak Ini!

BOGOR-TODAY.COM – Banyak jenis apel yang banyak diketahui masyarakat, salah satunya apel hijau. Apel hijau ini memiliki banyak manfaat istimewa untuk kesehatan.

Apel hijau adalah salah satu jenis apel yang cukup banyak tersedia. Apel satu ini memiliki rasa yang lebih kecut daripada apel merah.

Pepatah menyebutkan bahwa satu buah apel setiap hari bisa menjauhkan Anda dari kunjungan ke dokter, alias bisa bikin Anda lebih sehat. Pepatah itu berlaku bagi semua jenis apel, termasuk yang berwarna hijau.

Manfaat apel hijau untuk kesehatan

Berikut manfaat apel hijau untuk kesehatan, mengutip berbagai sumber.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Konsumsi apel telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskular lainnya.

Manfaat ini didapat berkat tingginya kadar serat di dalam apel. Serat sendiri punya kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

  1. Menurunkan berat badan
BACA JUGA :  Cemilan saat Pulang Teraweh dengan Sempol Ayam Pedas Saus Keju yang Enak Anti Gagal

Jus hijau bisa jadi camilan yang mengenyangkan. Dikemas dengan serat dan rendah lemak serta gula, jus apel hijau dikenal dapat menekan rasa lapar.

Apel hijau juga dapat meningkatkan potensi pembakaran kalori, yang membantu Anda menurunkan berat badan.

  1. Menekan risiko diabetes tipe-2

Penelitian menemukan, konsumsi sedikitnya dua buah apel hijau per minggu dapat menekan risiko diabetes tipe-2. Namun demikian, masih belum diketahui dengan pasti senyawa apa yang ditemukan pada apel dapat mencegah kenaikan gula darah.

  1. Meningkatkan metabolisme

Apel hijau kaya akan zat besi. Senyawa ini memainkan peran penting dalam kesehatan. Zat besi terbukti mampu menyerap oksigen lebih baik, yang pada gilirannya mampu meningkatkan laju metabolisme tubuh.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Apel hijau mengandung senyawa pektin, sumber serat yang berfungsi sebagai probiotik untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat di usus. Pektin ditemukan dapat membantu memecah makanan dengan lebih efisien.

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Ratusan Kios dan Puluhan Ruko di Pasar Padeldela Halmahera Timur

Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga dapat berdampak pada kesehatan pencernaan. Serat terbukti merangsang sistem pencernaan, mengatasi sembelit dan diare.

  1. Detoksifikasi alami

Anda juga bisa menjadikan apel hijau menjadi hidangan jus detoks yang bisa membuang racun dari tubuh. Mengutip Style Craze, serat yang baik membuat jus apel dapat menjaga hati, ginjal, dan sistem pencernaan dari racun yang berbahaya.

  1. Mencegah peradangan

Apel hijau mengandung senyawa antioksidan dalam kadar yang mencukupi. Antioksidan dapat melindungi tubuh dari kondisi peradangan.

Studi menunjukkan, orang lanjut usia (lansia) yang mengalami kondisi peradangan seperti radang sendiri harus memasukkan jus apel hijau ke dalam menu makanan hariannya.

Demikian beberapa manfaat apel hijau yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================