Simak Ini! Makanan yang Bantu Meningkatkan Daya Ingat

BOGOR-TODAY.COM – Ada beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui jenis-jenis makanan ini yang bisa meningkatkan daya ingat.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut beberapa makanan untuk meningkatkan daya ingat yang bisa Anda konsumsi, mengutip Healthline.

Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat

  1. Telur

Telur kaya akan vitamin B6, B12, folat, dan kolin. Semuanya punya peran penting dalam menjaga kesehatan otak.

Kolin merupakan mikronutrien penting yang digunakan tubuh untuk memproduksi asetilkolin. Nama terakhir merupakan neurotransmitter yang membantu mengatur memori.

Penelitian bahkan menemukan bahwa asupan kolin yang tinggi dapat membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi mental.

  1. Kunyit

Curcumin, senyawa aktif dalam kunyit, terbukti dapat melintasi penghalang antara darah dan otak. Artinya, darah dapat langsung masuk ke otak dan memberikan manfaatnya untuk sel-sel yang ada di sana.

Tak cuma itu, curcumin juga ditemukan dapat membantu meningkatkan daya ingat pada penderita Alzheimer.

  1. Ikan salmon

Simak Ini! Makanan yang Bantu Meningkatkan Daya Ingat

Salmon dan ikan berlemak lainnya berada di urutan teratas dalam daftar makanan yang baik untuk kesehatan otak.

BACA JUGA :  Nobar Timnas Garuda Muda di Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto: Doakan Skuad Besutan Shin Tae-yong Lawan Irak dan Raih Tiket Olimpiade Paris 2024

Kandungan asam lemak omega-3 yang dimiliki salmon dibutuhkan otak untuk membangun sel-sel dan saraf. Asam lemak satu ini juga berperan penting untuk meningkatkan memori.

Selain salmon, Anda juga bisa mendapatkan manfaat ini dari ikan kembung, tuna, dan sarden.

  1. Kacang

Tak cuma menjaga kesehatan jantung, kacang juga baik dikonsumsi demi otak yang sehat.

Studi tahun 2014 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kacang secara teratur memiliki ingatan yang lebih tajam dibandingkan mereka yang tidak mengemil kacang.

Khasiat ini diduga diperoleh dari kandungan lemak sehat, antioksidan, dan vitamin E pada kacang. Semuanya memberikan manfaat baik untuk kesehatan otak.

  1. Blueberry

Blueberry dan buah beri berwarna gelap lainnya menghasilkan anthocyanin, senyawa tanaman yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Antioksidan bertindak dalam melawan stres oksidatif yang memicu peradangan, kondisi yang dapat menyebabkan penuaan otak.

Berdasarkan salah satu ulasan dari 11 studi yang ada, blueberry disimpulkan dapat membantu meningkatkan daya ingat dan proses kognitif tertentu pada anak dan kelompok lanjut usia (lansia).

  1. Brokoli
BACA JUGA :  Ditinggal Ibu Menyapu, Bocah di Makassar Terjebak Mesin Cuci

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya akan vitamin K. Vitamin satu ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otak.

Vitamin K berperan penting dalam membentuk sphingolipids. Nama terakhir merupakan sejenis lemak yang dikemas dengan padat ke dalam sel otak.

Tak cuma itu, beberapa penelitian pada lansia juga telah mengaitkan hubungan antara vitamin K dengan kemampuan daya ingat dan status kognitif yang lebih baik.

Di luar vitamin K, brokoli juga mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat melindungi otak dari kerusakan.

  1. Dark chocolate

Dark chocolate kaya akan nutrisi yang dibutuhkan otak seperti flavonoid, kafein, dan senyawa antioksidan.

Flavonoid, misalnya, yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran dan daya ingat. Para peneliti percaya bahwa senyawa ini dapat meningkatkan daya ingat dan menekan risiko penurunan mental akibat pertambahan usia.

Dengan demikian, telur menjadi salah satu makanan untuk meningkatkan daya ingat yang mudah didapatkan.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================