“Ini harus kita perhatikan, edukasi, literasi pemahaman tentang peraturan harus benar-benar massif dilakukan, bahkan berikan buku saku supaya lebih paham,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui bahwa beberapa tugas PPS antara lain, menyiapkan dengan baik semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk proses pemungutan suara, menjamin aksesibilitas bagi pemilih dengan keterbatasan fisik atau non-fisik.

Kemudian memastikan daftar pemilih valid dan update, melaksanakan proses pemungutan suara sesuai peraturan, aman dan tertib, mengawasi ketat terhadap aktivitas yang tidak sah dan menjaga kerahasiaan data pemilih.

BACA JUGA :  Hilang Sejak Lebaran, Lansia Penderita Stroke Ditemukan di Dalam Sumur

Selanjutnya, Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni menerangkan, terdapat 200 PPK, 120 kesekretariatan dan 1.300 petugas PPS akan di sebar ke 435 desa/kelurahan se-Kabupaten Bogor. Untuk membantu PPK dalam melakukan rekrutmen pantarlih, pemetaan TPS, dan membantu memverifikasi faktual DPD.

“Kabupaten Bogor memerlukan penyelenggara orang-orang yang benar-benar memiliki 12 asas penyelenggara karena Kabupaten Bogor ini adalah kabupaten yang memiliki DPT terbesar se-Indonesia. Ini merupakan tantangan yang berat bagi KPU, untuk bisa menyinergikan dan menyolidkan teman-teman tapi dengan aturan,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Menu Sederhana dengan Tumis Ayam dan Wortel yang Lezat dan Praktis

Turut hadir dalam kegiatan Pelantikan dan Orientasi Tugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu Tahun 2024, yakni Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik, Anggota KPU Provinsi Jawa Barat, Undang Suryatna, Perwakilan Bawaslu Kab. Bogor. Perwakilan Polres Bogor, Perwakilan Polres Metro Kota Depok, Perwakilan Kodim 0621/Kab. Bogor, Perwakilan Kodim 0508/Depok, Aspemkesra, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Camat Ciawi. (*/Gistin)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================