CAPGOMEH 2023
Rangkayan acara pesta rakyat Bogor Street CGM 2023.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Untuk ke-23 kalinya, Ajang Budaya Pemersatu Bangsa Bogor Street Fest (BSF) Cap Go Meh (CGM) 2023 kembali digelar secara terbuka untuk umum.

Setelah dua tahun vakum dan hanya digelar secara tertutup dan hybrid karena pandemi Covid-19. Bogor Street Fest CGM 2023 tentunya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

Istimewanya, Bogor Street Fest CGM 2023 masuk dalam salah satu dari 110 acara unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun 2023, yaitu Karisma Even Nusantara (KEN).

CGM awalnya adalah tanda akhir perayaan Tahun Baru Imlek, yakni pada tanggal 15 Lunar sebagai rasa Syukur Kepada Tuhan.

Namun di Kota Bogor sendiri, CGM telah berkembang menjadi pesta rakyat, sebuah ajang parade budaya nusantara yang menampilkan beragam budaya, tidak hanya dari Kota Bogor tapi dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kami berharap, agar semua masyarakat kota Bogor, pada tanggal 5 Februari nanti dapat bergembira bersama. Menyaksikan dan menikmati keindahan keberagaman budaya kita, yang kami rangkai dalam tema Unity In Diversity. Dan karena acara ini adalah Dari Kita Untuk Bogor, Dari Bogor Untuk Indonesia, mari kita jaga dan nikmati bersama,” ujar Arifin Himawan, Ketua Pelaksana Bogor Street FestCGM 2023.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling, Selasa 23 April 2024 di Kota Bogor

Ribuan pelaku seni terlibat secara langsung disepanjang jalan Suryakencana hingga jalan Siliwangi akan dimeriahkan oleh atraksi mereka di Bogor Street Fest CGM 2023 selama lebih kurang delapan jam.

Sebut saja Ogoh-ogoh Bali, Kendang Beleq dari Lombok, dan Bouraq dari Cirebon, ikut serta memeriahkan acara ini. Juga Ondel-ondel Betawi, dan Reog Ponorogo, serta belasan Sanggar Kesenian yang berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya.

Arifin menjelaskan, sebelum parade pawai Budaya digelar, para tamu VIP akan disambut dengan cara tradisional Sunda. Lodong dan Goong menjadi ciri khas pada acara opening seremonial.

Tentunya diawali dengan doa bersama dari perwakilan enam pemuka agama di Kota Bogor sebagai simbol sejuk dan harmonisnya hubungan antar umat beragama di Kota Bogor.

BACA JUGA :  Bima Arya Cerita Kisah Perjalanan 10 Tahun Menata Kota Bogor

“Karena acara ini diadakan dari sore hingga malam maka pada jam azan maghrib, acara akan terhenti selama sholat maghrib. Untuk itu, panitia menyiapkan penunjuk arah di beberapa titik menuju lokasi-lokasi sholat bagi yang ingin melaksanakan sholat,” jelas Ahim sapaanya.

Selain itu, kata Arifin, panitia Bogor Street Fest CGM 2023 juga menyiapkan pos kesehatan, keamanan sesuai dengan yang disyaratkan. Ambulance dukungan dari beberapa RS di Kota Bogor dan pemadam kebakaran sudah dipersiapkan di tempat tertentu.

Usai parade kebudayaan Bogor Street Fest CGM 2023 dan Sholat Maghrib sekitar pukul 19.00 WIB, puluhan tandu-tandu Liong dan Barongsai dengan ratusan pemainnya melanjutkan kemeriahan acara. Peserta dari Jakarta, Tangerang, Bekasi, Cianjur dan Sukabumi turut serta meramaikannya.

“Belasan joli berada didepan dengan dikawal oleh Kie Lin dan Liong Merah Putih, sebagai pembuka jalan. Rangkaian ini diawali dengan ratusan lampion gemerlap berwarna merah,” tutup Arifin. ***

============================================================
============================================================
============================================================