Sukses Implementasikan SPBE, Pemkab Bogor Raih Penghargaan Predikat Baik Tingkat Nasional Tahun 2022

spbe

BOGOR-TODAY.COM – Sukses mengimplementasikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan cara mengintegrasikan berbagai aplikasi layanan publik, layanan administrasi dan layanan keuangan di Kabupaten Bogor.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berhasil meraih penghargaan predikat “Baik” tingkat nasional tahun 2022 dengan nilai indeks SPBE sebesar 3,33 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Berbagai layanan yang terintegrasi tersebut tidak hanya dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan juga mengoptimalkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Bogor bahkan nilai indeks SPBE tersebut melesat tajam dari angka 2,72 pada tahun 2021 menjadi 3,33 pada tahun 2022 dan berhasil meraih penghargaan predikat “Baik” tingkat nasional pada tahun 2022.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Hadiri Pengukuhan Kepala BPKP Provinsi Jawa Barat

Perlu diketahui, beberapa layanan yang telah terintegrasi di Kabupaten Bogor yakni untuk layanan publik ada aplikasi Optimis terkait perizinan, aplikasi perpajakan online, Open Data dan aplikasi kegawatdaruratan 112.

Sementara untuk layanan administrasi ada Pejabat Pembuat Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan JDIH yang diperuntukkan bagi masyarakat. Sedangkan layanan administrasi yang sifatnya internal terdiri dari SIPD aplikasi yang digunakan untuk layanan perencanaan dan anggaran. Juga ada aplikasi SIMRAL untuk layanan keuangan.

============================================================
============================================================
============================================================