Plt Bupati Bogor Minta Harus Ada Integrasi Data UMKM Antara Pemkab Dengan Kadin

plt bupati bogor

BOGOR-TODAY.COM Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan ingin adanya integrasi data UMKM yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bogor. Pasalnya data tersebut bisa menjadi dasar untuk membuat kebijakan yang berpihak untuk UMKM di Kabupaten Bogor.

Keinginan tersebut ia sampaikan usai membuka Rapimkab II Kadin Kabupaten Bogor sekaligus peluncuran UMKM Satu Data, di Sentul Highlands Golf Club, Babakan Madang, Kamis (9/3/2023).

Hadir pada acara tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ketua Umum Kadin Jawa Barat, Ketua Umum Kadin Kabupaten Bogor, perwakilan Forkopimda, dan perwakilan Kadin Kabupaten Kota lain.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, hari ini Kadin Kabupaten Bogor meluncurkan program UMKM Satu Data. Ini adalah big data yang harus kita tangkap dan tindaklanjuti. Jadi data yang dimiliki Kadin harus terintegrasi dengan yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Bogor.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Bersihkan Usus Kotor Setelah Lebaran dengan 6 Makanan Ini

“Jadi data yang kita miliki dengan data Kadin harus terintegrasi, sehingga jelas bagaimana kita bisa memetakan kebijakan untuk UMKM di Kabupaten Bogor,” ungkap Iwan Setiawan.

Iwan Setiawan menambahkan, kami ingin satu data UMKM ini dikomparatif, kalau memang datanya akurat dan bisa dipertanggungjawabkan, kita gabungkan saja dan bisa kita gunakan. Ia berharap agar Kadin terus membantu memperkuat sektor UMKM serta melanjutkan berbagai program kegiatan dalam gerakan kemitraan inklusif.

BACA JUGA :  Bingung Mau Healing Saat Libur Lebaran? Ini Rekomendasi Cafe di Bogor yang Cozy dan Bernuansa Alam Dijamin Suka

“Membantu UMKM mendapatkan mitra, akses pasar dan pembiayaan agar UMKM bisa naik kelas sekaligus menjaga perekonomian tetap tumbuh,” ujar Iwan.

Intinya, lanjut Iwan, kami sangat mendukung Kadin Kabupaten Bogor untuk dapat merumuskan program kerja yang konkret dan berkualitas yang dapat meningkatkan perannya sebagai mitra kerja pemerintah dalam program pemulihan ekonomi, pemberdayaan UMKM, tenaga kerja, dan yang lainnya.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para pengusaha beserta seluruh stakeholder perindustrian dan perdagangan yang telah berperan aktif dalam pembangunan dan berkontribusi menggerakkan perekonomian daerah,” ucap Iwan Setiawan.

============================================================
============================================================
============================================================